Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Buruh Bangunan di Rusunawa UIM Makassar

Pelaku merasa tidak dihargai sebagai pengawas buruh

Makassar, IDN Times - Jajaran Polrestabes Makassar mengungkap motif AN (38), pelaku pembunuhan terhadap rekan seprofesi pekerja bangunan di kawasan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) lingkungan Kampus Universitas Islam Makassar (UIM), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Rabu (4/12) kemarin.

Jasad TM (19) sebelumnya ditemukan tergeletak bersimbah darah oleh salah seorang rekannya bernama Irvan (33), sekitar pukul 13.00 WITA. “Jadi motifnya karena dendam. Si pengawas (AN) ini mendengar ada kata-kata yang tidak enak dari korban, setelah ditegur saat korban istirahat,” kata Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono di kantornya, Kamis (5/12).

1. Pelaku menikam saat korban tengah beristirahat

Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Buruh Bangunan di Rusunawa UIM MakassarKapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono / Sahrul Ramadan

Yudhiawan mengatakan, peristiwa ini bermula saat pelaku mendatangi korban pada Senin (2/12) lalu. Saat itu, korban tengah beristirahat. Namun pelaku datang menghampiri korban untuk memberitahukan bahwa istirahat hanya diperbolehkan saat makan siang.

Korban saat itu mengelak, ia merasa jika tidak ada yang dapat dikerjakan sebab bahan bangunan habis. “Dari situ cekcoknya berawal. Setelah itu, pelaku ini tidak terima karena merasa tidak dihargai sebagai pengawas,” terangnya.

Cekcok yang terjadi menyebabkan pelaku dendam. Puncaknya, pelaku melampiaskan kemarahan dengan kembali mendatangi korban pada Rabu saat waktu istirahat siang tiba. Saat itu, pelaku datang untuk membangunkan korban yang tengah beristirahat.

Tanpa banyak bicara, pelaku menarik korban dan langsung menghujani korban dengan tikaman. “Ditikam itu di dada sebelah kirinya. Kemudian di daerah perut juga ada bekas tikaman. Setelah itu sempat memukul juga sampai korban langsung jatuh,” ungkap Yudhiawan.

2. Rekaman CCTV bantu polisi identifikasi identitas pelaku

Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Buruh Bangunan di Rusunawa UIM MakassarANTARA/Diasty Surjanto

Pihak kepolisian sejak kemarin telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa sejumlah saksi. Petugas juga telah memeriksa rekaman CCTV yang ditemukan di rusunawa. Hasil rekaman menunjukkan pelaku langsung pergi meninggalkan lokasi kejadian setelah melakukan penikaman.

“Kita sudah identifikasi pelakunya ini siapa. Dan sudah didapat juga barang buktinya, sekarang kita sedang lakukan pengejaran,” ucap Yudhiawan.

Baca Juga: Pekerja Bangunan Tewas Bersimbah Darah di Dalam Kampus UIM 

3. Pelaku melarikan diri ke Kabupaten Jeneponto

Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Buruh Bangunan di Rusunawa UIM MakassarKapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono / Sahrul Ramadan

Saat ini, lanjut Yudhiawan, pihaknya berupaya melakukan pengejaran terhadap pelaku yang dikabarkan melarikan diri ke Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Hasil identifikasi lain, pihaknya mengantongi dua nama yang disebut-sebut ikut membantu pelaku dalam upaya pelariannya ke luar Makassar.

“Itu informasinya ada, tapi kita selidiki lebih lanjut termasuk intinya kita sementara kejar yang bersangkutan ini,” pungkasnya.

Baca Juga: Satreskrim Polrestabes Makassar Tangkap  Muncikari Prostitusi Online 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya