Polisi Selidiki Aksi Freestyle Meresahkan di Makassar

Sejumlah aksi pengendara motor beredar di media sosial

Makassar, IDN Times - Petugas Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar tengah menyelidiki ulah pengendara motor yang kerap ugal-ugalan di jalan raya.

Dari video yang diunggah warganet, sejumlah pengendara motor tampak beraksi freestyle, seperti mengangkat ban depan sambil berboncengan serta tanpa mengenakan helm. Aksi mereka dianggap sangat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

"Apalagikan ini sudah banyak video-video di beredar di media sosial. Ini jelas sudah meresahkan masyarakat, khususnya pengendara," kata Kepala Urusan Bagian Operasi Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar, AKP Hartati kepada IDN Times, Senin (8/2/2021). 

Baca Juga: Dua Remaja Ditetapkan Tersangka Kasus Prostitusi Online di Makassar

1. Pelaku memanfaatkan kelengahan petugas

Polisi Selidiki Aksi Freestyle Meresahkan di MakassarIlustrasi. Kendaraan yang sempat diamankan Tim Penikam Polrestabes Makassar. IDN Times/Polrestabes Makassar

Hartati mengatakan petugas akan menindak tegas pengendara motor yang melanggar aturan. Polrestabes Makassar melibatkan aparat di setiap polsek untuk memaksimalkan pengawasan.

"Kami pastikan ada tindakan tegas. Kita sita motornya dan kita panggil orang tuanya,"   kata Hartati. 

Menurut Hartati, aksi freestyle di jalan raya dilakukan dengan memanfaatkan kelengahan petugas. Mereka melancarkan aksi jika polisi sudah selesai berpatroli. Menurut video yang beredar, aksi mereka sering terlihat di Jalan AP Pettarani hingga Jalan Veteran Utara dan Veteran Selatan.

"Kalau waktu-waktunya, mereka manfaatkan juga. Apalagi kalau lihat petugas sudah tidak ada," ucap Hartati. 

2. Aksi diunggah di medsos agar dapat perhatian

Polisi Selidiki Aksi Freestyle Meresahkan di MakassarKantor Polrestabes Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Hartati menyebut aksi freestyle sepeda motor biasanya melibatkan beberapa orang. Ada orang yang berperan unjuk kebolehan, sedangkan rekannya merekam dan mengunggah di media sosial agar mendapat perhatian warganet.

"Tapi mereka tidak memikirkan dampak yang bisa ditimbulkan kepada pengendara lainnya," kata Hartati. 

Kapolrestabes Makassar, Hartati melanjutkan, juga sudah menjadikan aksi freestyle pemotor di jalan sebagai perhatian. "Beliau juga sudah menginstruksikan agar menindak aksi-aksi berbahaya seperti ini," katanya.

3. Satlantas Polrestabes Makassar gencarkan patroli jalan raya

Polisi Selidiki Aksi Freestyle Meresahkan di MakassarSatlantas Polrestabes Makassar menerapkan marka jalan untuk jaga jarak. IDN Times/Istimewa

Sebagai langkah pencegahan pengendara ugal-ugalan, Polrestabes Makassar menggencarkan patroli jalan raya. Petugas bakal menyisir sejumlah lokasi yang biasanya jadi favorit para pelaku.

Patroli juga akan dibarengi dengan imbauan kepada pengendara agar lebih berhati-hati dan mengutamakan keselamatan di jalan raya. "Penindakannya jalan, kemudian proses edukasinya juga ada. Sesuai dengan perintah pimpinan untuk keselamatan dan kenyamanan bersama," kata Hartati. 

Baca Juga: Perampok Kurir Online di Makassar Ditembak Polisi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya