Polisi Pastikan Benda Tergeletak di Tengah Jalan di Barru Bukan Bom 

Benda mencurigakan itu membuat warga setempat geger

Makassar, IDN Times - Jajaran Polres Barru memastikan bahwa benda mencurigakan yang tergeletak di tengah jalan setapak sekitar Pasar Takkalasi, Kecamatan Balusu, bukanlah bom.

Benda yang bentuknya serupa dinamit itu sebelumnya ditemukan oleh warga setempat, Jumat (27/12), sekitar pukul 10.30 Wita. Temuan itu sempat menggegerkan warga setempat sebelum akhirnya dilaporkan ke pihak kepolisian.

"Hasil dari olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan tim penjinak bom, yang ditemukan itu adalah bukan bom," kata Kapolres Barru AKBP Willy Abdillah, dalam keterangan resmi yang diterima sejumlah jurnalis di Makassar.

Baca Juga: Geger, Warga Barru Temukan Benda Mirip Dinamit di Kawasan Pasar 

1. Polisi menduga, benda serupa bom rakitan itu dibuat dan diletakkan orang iseng

Polisi Pastikan Benda Tergeletak di Tengah Jalan di Barru Bukan Bom Petugas jajaran Polres Barru mengamankan lokasi sekitar temuan benda mencurigakan di tengah jalan setapak sekitar Pasar Takkalasi, Kecamatan Balusu, Jumat (27/12) / Istimewa

Willy menduga, ada oknum yang dengan sengaja meletakkan benda tersebut hingga menggemparkan warga setempat. Sekilas, benda itu memang mirip rangkaian bom rakitan. Beberapa tabung panjang digabung dengan dilengkapi kabel-kabel yang menempel di kedua ujung tabung.

"Sepertinya sengaja untuk dibuat mirip dengan bom. Kemungkinan juga ada yang iseng atau bagaimana, nanti kita lakukan penyelidikan lebih lanjut," tegas Willy.

2. Bukan bentuk teror momentum tahun baru

Polisi Pastikan Benda Tergeletak di Tengah Jalan di Barru Bukan Bom Petugas jajaran Polres Barru mengamankan lokasi sekitar temuan benda mencurigakan di tengah jalan setapak sekitar Pasar Takkalasi, Kecamatan Balusu (IDN Times/Istimewa)

Lokasi temuan benda serupa dinamit itu berada di sebuah jalan setapak warga yang tidak begitu jauh dari jalan poros penghubung Barru ke kabupaten lainnya. Jalan ini berada di salah satu kawasan padat penduduk di kecamatan setempat.

Saat ditanya apakah insiden ini bagian dari teror jelang tahun baru, Willy menepis. Menurut dia, jajaran anggotanya telah semaksimal mungkin bekerja untuk menjaga keamanan.

"Belum bisa kita pastikan bentuk terornya bagaimana. Kemungkinan-kemungkinan nanti kita dalami dengan penyelidikan," tegas Willy.

3. Polisi periksa enam saksi terkait temuan benda yang di dalamnya hanya gabus

Polisi Pastikan Benda Tergeletak di Tengah Jalan di Barru Bukan Bom Petugas jajaran Polres Barru mengamankan lokasi sekitar temuan benda mencurigakan di tengah jalan setapak sekitar Pasar Takkalasi, Kecamatan Balusu (IDN Times/Istimewa)

Setelah dibongkar, isi benda itu hanya gabus. "Bentuknya ada rangkaian kabel yang masing-masing tidak terhubung, kemudian ada gulungan kertas di dalamnya ada gabus. Intinya bukan bom," tegas Willy.

Sejauh ini, polisi sudah memeriksa enam saksi yang merupakan warga setempat.  "Kami belum bisa ambil kesimpulan apa yang menjadi hasil interogasi dari keenam orang ini," kata Willy.

Sebelumnya, polisi langsung bergerak cepat setelah menerima laporan warga mengenai adanya benda mencurigakan dan menyerupai bom rakitan. Polres Barru langsung berkoordinasi dengan tim Jibom Gegena jajaran Polda Sulawesi Selatan dan memasang garis polisi untuk proses sterilisasi TKP. 

Baca Juga: [FOTO] Antusias Warga Makassar, Palu, Hingga Kendari Saat Gerhana

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya