Comscore Tracker

Pembalap Liar di Makassar Pindah-Pindah Lokasi Hindari Patroli Polisi

Polisi di Makassar mengaku terima banyak aduan balap liar

Makassar, IDN Times - Petugas Satlantas Polrestabes Makassar kembali menerima banyak aduan masyarakat terkait aksi balap liar di bulan Ramadan. Menurut kepolisian, pengguna jalan resah sehingga mengadukan persoalan ini.

"Untuk daerah balap liar itu tidak lagi berada di titik tertentu dan berpindah-pindah dan itu juga segerombolan," kata Kaur Bin Ops Satlantas Polrestabes Makassar, AKP Hartati kepada jurnalis saat dikonfirmasi, Rabu (21/4/2021).

1. Petugas gabungan gencarkan patroli wilayah

Pembalap Liar di Makassar Pindah-Pindah Lokasi Hindari Patroli PolisiIlustrasi. Polisi menangkap puluhan orang pembalap dan pentonton balap liar di Makassar/Polrestabes Makassar

Saat ini kepolisian telah mengidentifikasi lokasi yang biasanya digunakan pelaku balap liar. Hartati bilang, saat ini pihaknya bersama petugas gabungan lainnya semakin menggencarkan patroli untuk mencegah aksi membahayakan pengendara itu terulang kembali.

"Untuk saat ini kita gencarkan patroli gabungan polrestabes. Termasuk patroli masing-masing polsek," tegasnya.

2. Sudah banyak pelaku balap liar yang ditindak polisi

Pembalap Liar di Makassar Pindah-Pindah Lokasi Hindari Patroli PolisiIlustrasi. Kendaraan yang sempat diamankan Tim Penikam Polrestabes Makassar. IDN Times/Polrestabes Makassar

Hartati mengaku, pihaknya telah cukup banyak menindak pelaku balap liar sepanjang patroli beberapa pekan sebelumnya. Namun, dia belum menyebut pasti jumlahnya. "Belum saya rekap, besok saya cek jumlahnya," ucapnya. 

Mereka yang ditindak, kata Hartati, adalah pebalap liar yang terjaring dalam operasi rutin jajaran Polrestabes Makassar untuk mencegah tindak kejahatan jalanan. Bukan hanya balapan liar, melainkan bentuk pelanggaran jalan raya lainnya selama bulan Ramadan. 

Baca Juga: 31 Pelaku dan Penonton Balap Liar di Makassar Ditangkap Polisi

3. Polisi tindak sesuai dengan jenis pelanggaran pelaku

Pembalap Liar di Makassar Pindah-Pindah Lokasi Hindari Patroli PolisiKantor Polrestabes Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Lebih lanjut, Hartati menjelaskan, pelanggar yang ditindak akan diseleksi lebih dulu  berdasarkan jenis pelanggaran yang dibuat. Mulai dari kelengkapan berkendara seperti helm hingga kelengkapan administrasi kendaraan bermotor lainnya. 

Sanksi yang paling berat apabila terbukti melanggar, kata Hartati, adalah penyitaan kendaraan. "Tergantung apa keterlibatannya, kalau dia joki sekaligus pemilik kendaraan diperuntukkan untuk balapan. Kan ada kadang-kadang nonton saja. Itu nanti kita pilah," tegasnya.

Baca Juga: Polrestabes Makassar Patroli Cegah Balap Liar selama Ramadan

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya