Comscore Tracker

Makam Pria Gowa yang Diduga Korban Pesugihan Digali untuk Autopsi

Proses autopsi ditangani Tim Forensik Biddokkes Polda Sulsel

Makassar, IDN Times - Tim Forensik Biddokkes Polda Sulawesi Selatan didampingi penyidik Satreskrim Polres Gowa, telah menyelesaikan penggalian makam DN (22), kakak AP (6), korban kekerasan akibat dugaan pesugihan oleh orangtua, kakek dan pamannya.

Penggalian makam tersebut untuk kebutuhan autopsi atas dugaan kematian tak wajar. Sebelumnya, polisi menduga DN meninggal akibat dugaan kekerasan terkait pesugihan atau ilmu hitam.

Kasat Reskrim Polres Gowa, AKP Boby Rachman menyebut, proses penggalian jenazah untuk kepentingan autopsi berlangsung pada Senin (20/9/2021) siang hingga petang tadi. "Sudah selesai," kata Boby saat dikonfirmasi, Senin malam.

1. Polres Gowa tunggu hasil dari Biddokkes Polda Sulsel

Makam Pria Gowa yang Diduga Korban Pesugihan Digali untuk AutopsiIlustrasi pemakaman. ANTARA FOTO/FB Anggoro

Makam DN terletak tak begitu jauh dari rumahnya lingkungan Lembang Panai, Kelurahan Gantarang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Proses penggalian liang lahat itu disaksikan keluarga dan kerabat hingga tetangga korban.

Boby bilang, proses penggalian ini juga sudah mendapat persetujuan dari pihak keluarga. Mereka berkeinginan agar jenazah diautopsi. Petugas hanya mengambil sampel jenazah yang dibutuhkan untuk kepentingan autopsi. "Nanti menunggu hasil autopsi," ucapnya.

2. Belum ada kepastian kapan hasil autopsi diketahui

Makam Pria Gowa yang Diduga Korban Pesugihan Digali untuk AutopsiBidokkes Polda Sulsel/Istimewa

Menurut Bony, usai penggalian kubur dan pengambilan sampel telah dikantongi petugas, jenazah kemudian dikuburkan kembali. Dari awal, lanjut Boby, proses penggalian ini berjalan lancar hingga selesai. Kini pihaknya tinggal menunggu hasil autopsi. Dia belum bisa memastikan kapan hasilnya diketahui.

Kasubbang Humas Polres Gowa AKP M Tambunan sebelumnya mengatakan, penggalian kubur merupakan bagian dari proses autopsi terhadap jenazah DN. Keluarga menilai, ada yang janggal terhadap kematian putra satu-satunya di dalam keluarga tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Jamin Pemulihan Bocah Korban Pesugihan Congkel Mata di Gowa

3. Polisi sudah periksa 3 saksi, selidiki sebab tewasnya DN

Makam Pria Gowa yang Diduga Korban Pesugihan Digali untuk AutopsiIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Tambunan mengatakan, penyidik sudah memeriksa sejumlah saksi untuk menyelidiki dugaan kematian DN yang tak wajar. "Polisi sudah memeriksa 3 orang saksi, setelah paman korban melaporkan ke Polres Gowa untuk menyelidiki penyebab kematiannya DN," Tambunan kepada jurnalis, Rabu (15/9/2021).

Tambunan menjelaskan, 3 orang saksi yang sudah diperiksa, adalah bagian dari 9 orang yang juga sudah diambil keterangannya dalam kasus kekerasan terhadap bocah AP. Selain pihak keluarga, saksi yang diperiksa adalah masyarakat di dekat tempat tinggal korban.

Baca Juga: Orangtua Korban Dugaan Pesugihan di Gowa Ditetapkan Tersangka

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya