Kebakaran di Pasar Senggol Makassar, 1 Orang Dilaporkan Tewas

Belum diketahui sumber api yang membakar kios pasar

Makassar, IDN Times - Kebakaran hebat melanda Pasar Senggol, Jalan Cendrawasih, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sabtu (22/8/2020) malam. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar menginformasukan kebakaran terjadi sekitar pukul 23.00 WITA.

"Untuk sementara kita belum tahu berapa banyak kios dan rumah yang terbakar karena kita baru proses pendinginan," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar Elodewata Sahid, kepada jurnalis di sela pemadaman.

1. Kebakaran menyebabkan 1 orang tewas

Kebakaran di Pasar Senggol Makassar, 1 Orang Dilaporkan TewasKebakaran di Pasar Senggol Makassar/Damkar Makassar

Sebanyak 25 unit armada damkar bersama 90 personel diterjunkan untuk memadamkan api. Kata Elodewata, satu orang lelaki dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa kebakaran ini. "Korban jiwa ada warga sempat pingsan dan meninggal di Rumah Sakit Bhayangkara," ujar Elodewata.

Petugas damkar berupaya untuk memadamkan api yang menghanguskan sejumlah unit bangunan rumah hingga kios yang ada di dalam pasar. Umumnya, bangunan yang terbakar berjenis semi permanen. Sejam lebih berjibaku, petugas perlahan berhasil memadamkan api.

2. Belum diketahui jelas sumber api yang menghanguskan banyak kios dan rumah

Kebakaran di Pasar Senggol Makassar, 1 Orang Dilaporkan TewasKebakaran di Pasar Senggol Makassar/Damkar Makassar

Elodewata mengaku, belum bisa menyimpulkan dari mana sebenarnya sumber api berasal. Menurutnya, api dengan cepat menjalar karena sebagian besar kondisi rumah dan kios di dalam Pasar Senggol saling berdempetan. Belum lagi, material bangunan didominasi balok kayu.

Petugas berupaya memadamkan api dibantu sejumlah warga setempat. Sebagian warga dan pemiliki kios berupaya untuk menyelamatkan barang dagangan sebisa mungkin. "Kesulitan setengah mati kita koordinasi dengan warga mereka menginginkan memadamkan di sana sini," ujarnya.

Baca Juga: Mayat Perempuan Ditemukan Usai Kebakaran di Jalan Nusantara Makassar

3. Polisi menyelidik penyebab kebakaran Pasar Senggol Makassar

Kebakaran di Pasar Senggol Makassar, 1 Orang Dilaporkan TewasKebakaran di Pasar Senggol Makassar/Damkar Makassar

Kapolsek Mariso Kompol Ahmad Yulias menambahkan, pihaknya sementara mendata berapa banyak rumah hingga kios yang terbakar dalam peristiwa ini. "Kalau hasil penyelidikan untuk penyebab kebakaran belum bisa disimpulkan," ucap Ahmad.

Pihaknya hingga saat ini masih mengamankan tempat kejadian kebakaran Pasar Senggol. Untuk kepentingan penyelidikan, pihaknya berkoordinasi dengan laboratoriun forensik Polda Sulsel. "Kami tetap standby di lokasi sampai betul-betul masyarakt pulang ke rumah masing masing," tegasnya.

Baca Juga: Kebakaran di Makassar Hanguskan 15 Rumah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya