Ini Dua Jenis Peci yang Digandrungi Anak Muda Makassar

Kamu pernah mendengar istilah peci Rusia?

Makassar, IDN Times - Di bulan Ramadan, beragam jenis peci dijajakan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Mulai dari motif yang nyentrik dengan bentuk yang unik, sampai model umum, banyak di temui di lapak pedagang khusus peci.

Pedagang menyebut pada bulan Ramadan ini ada dua jenis peci yang lagi digandrungi kelompok anak muda. Dua jenis peci ini bahkan punya singkatan yang kedengarannya cukup unik meski belum begitu populer.

"Ini yang Persia (Peci Rusia) yang berbulu, satunya peci melayu yang modern," kata Ilham, pedagang peci saat berbincang dengan IDN Times di lapaknya di Jalan Masjid Raya Makassar, Jumat malam (8/4/2022).

Baca Juga: 10 Jenis Peci yang Bikin Pria Tampil Makin Keren di Bulan Ramadan

1. Beda model persia dan peci melayu

Ini Dua Jenis Peci yang Digandrungi Anak Muda MakassarPedagang di Makassar memperlihatkan dua jenis peci yang digandrungi anak muda. (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Ilham, menerangkan, peci Rusia identik dengan bahan berbulu di lapisan luarnya. Berbeda dengan di lapisan dalamnya yang cukup terlihat polos dan terdapat tiga lubang mengelilingi sisinya. Bentuknya juga serupa kubah masjid versi mini.

Sedangkan peci melayu atasannya agak cembung. Motif biasanya kotak-kotak atau garis-garis polos dan berbayang.

"Pokoknya kalau datang lagi biasa anak-anak muda ini, yang ABG-ABG itu, biasa dia sebut (istilah) itu. Persia sama Melayu punya," ucap Ilham.

2. Harga dua jenis peci ini juga berbeda

Ini Dua Jenis Peci yang Digandrungi Anak Muda MakassarIlustrasi Memberi dan Menerima Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ilham mengatakam, dua peci model seperti ini mulai banyak dicari sepanjang bulan Ramadan tahun ini, 2022. "Kalau bukan tanya harga, ya paling (mereka) itu datang tanya-tanya model. Ada model ini, ada model itu," ungkap Ilham.

Khusus untuk peci berbulu ala orang Rusia, dijual dengan harga berkisar antara Rp60 ribu sampai dengan Rp65 ribu. Sedangkan peci melayu bisa didapat dengan harga Rp40 ribu sampai Rp50 ribu.

"Yang bedakan biasanya warna sama motifnya," ucap Ilham.

3. Tren peci setiap bulan puasa biasanya berbeda

Ini Dua Jenis Peci yang Digandrungi Anak Muda MakassarIlustrasi. Kopiah. (Dok. Pribadi)

Seingat Ilham, di bulan puasa tahun-tahun sebelumnya, model peci yang banyak dicari pun berbeda dengan tahun ini. "Dulu itu kan yang banyak kayak model-model yang ada merek di luarnya (sisi luar peci). Baru ada juga logonya itu mereknya toh," ujarnya.

Selain dua peci yang banyak dicari di atas, Ilham juga menyediakan banyak motif peci lainnya. Bagi yang tertarik silahkan langsung datang ke lapak peci Ilham di emperan Jalan Masjid Raya. Tepatnya, di sebelah kiri setelah gerbang utama Masjid Al Markaz Al Islami.

Baca Juga: 7 Cara untuk Mengatasi Rambut Lepek Saat Memakai Peci, Perhatikan!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya