Gasak Sekop hingga Laptop, Pembobol Kantor PSDA Sidrap Ditangkap

Pelaku sempat bekerja di kawasan kantor PSDA Sidrap

Makassar, IDN Times - Jajaran Tim Khusus Satreskrim Polres Sidrap, Sulawesi Selatan, mengungkap pelaku pembobol salah satu kantor instansi pemerintah setempat. Pelaku IC (30) disebutkan polisi terlibat dalam aksi pencurian di Kantor Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sidrap, pada Minggu (21/6) lalu.

"Dari hasil penyelidikan, diperoleh bahan keterangan bahwa yang bersangkutan melakukan aksi pencurian," kata Kasat Reskrim Polres Sidrap AKP Benny Pornika dalam keterangan resmi yang diterima sejumlah jurnalis di Makassar, Rabu (24/6).

1. Dilaporkan setelah petugas kantor PSDA merasa curiga inventaris hilang

Gasak Sekop hingga Laptop, Pembobol Kantor PSDA Sidrap DitangkapTKP Kantor PSDA Sidrap, Sulsel. IDN Times/Polres Sidrap

Benny mengatakan, pengungkapan berawal saat pihaknya menerima informasi tentang keberadaan pelaku di Kampung Arawa, Kelurahan Arawa, Kecamatan Wattangpulu, Sidrap, sekitar pukul 13.00 WITA, siang tadi.

Aksi kejahatan yang dilakukan pelaku, disebutkan Benny, sebelumnya dilaporkan salah satu pegawai kantor tersebut, sesaat setelah kejadian berlangsung. Dia menemukan kejanggalan di dalam kantor saat akan bertugas.

Pegawai bernama Asri melaporkan kejadian itu setelah mengetahui jika sejumlah invetaris kantor hilang. Inventaris berupa perkakas atau alat bangunan seperti sekop dan gerobak dorong hingga laptop.

2. Teknik pelaku dalam beraksi, bobol pintu hingga gasak barang aset kantor PSDA

Gasak Sekop hingga Laptop, Pembobol Kantor PSDA Sidrap DitangkapIlustrasi garis polisi (IDN Times/Prayugo Utomo)

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, lanjut Benny, pelaku beraksi dengan cara membobol pintu masuk kantor. Pelaku diduga telah memetakan kondisi kantor lebih awal sebelum melancarkan aksi kejahatannya. "Pelaku masuk ke dalam dengan cara merusak (mencungkil) pintu kantor dan masuk ke dalam ruangan," ujar Benny.

Setelah merasa berada dalam kondisi aman, pelaku kemudian melanjutkan aksinya dengan mencungkil pintu ruangan tempat penyimpanan brankas, lemari, serta laci meja. "Pelaku mengambil barang berupa tiga unit laptop. Beberapa hari kemudian, kembali terjadi pencurian berupa puluhan buah sekop dan gerobak yang juga merupakan barang PSDA," imbuh Benny.

Belakangan diketahui, bahwa pelaku pernah bekerja di lingkungan kantor setempat. Pelaku dengan leluasa masuk karena telah mengetahui seluk beluk kantor. Aksi pelaku dilakukan beberapa kali, sebelum aksi terakhir yang dilaporkan oleh petugas kantor PSDA, pekan lalu.

Baca Juga: Kadis Pendidikan Sidrap Jadi Tersangka Kasus Minta-minta Jatah DAK

3. Pelaku masih ditahan, polisi lanjutkan penyelidikan

Gasak Sekop hingga Laptop, Pembobol Kantor PSDA Sidrap DitangkapIlustrasi tersangka kriminalitas. IDN Times/Dok. Zainul Arifin

Lebih lanjut kata Benny, pelaku saat ini masih diamankan di Mako Polres Sidrap untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Sementara penyelidikan kasus ini ditegaskan Benny, masih terus berjalan. Polisi masih akan melakukan pendalaman untuk mengungkap dugaan keterlibatan orang lain selain pelaku.

Barang bukti,satu unit laptop, tiga buah gerobak dorong pengangkut material bangunan dan 57 buah sekop juga telah diamankan petugas. "Pada saat ini terduga pelaku menjalani pemeriksaan guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut," ucap mantan Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar ini.

Baca Juga: Geger! Bocah di Sidrap Ditemukan Tewas Tanpa Kepala, Dibunuh Ibu Tiri

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya