Comscore Tracker

Banjir Makassar, Warga: Jalan AP Pettarani Kayak Sungai

Banyak pengendara yang motornya mogok menerjang banjir

Makassar, IDN Times - Curah hujan tinggi sejak Minggu (5/12/2021) memicu banjir di sebagian wilayah di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (7/12/2021).

Banjir tak hanya merendam kawasan pemukiman penduduk. Selasa pagi, sejumlah jalan utama juga tergenang seiring curah hujan yang tinggi. Salah satunya di jalan protokol Jalan AP Pettarani. Hujan membuat beberapa titik di sepanjang jalan itu terendam. Akibatnya, sejumlah kendaraan yang dipaksa melintas pun mogok.

"(Air) ada yang sampai di lutut juga. Apalagi kalau mobil lewat, gelombangnya masuk di knalpot, tersumbat, itu bikin mogok," kata Abdul, salah satu pengendara yang motornya mogok saat menerjang banjir di jalan itu, Selasa.

Baca Juga: Banjir Makassar: Air Masuk ke Rumah, Warga Mengungsi

1. Banjir tahun ini dianggap yang terparah

Banjir Makassar, Warga: Jalan AP Pettarani Kayak SungaiBanjir di Jalan AP Pettarani Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Abdul mengaku kerap melintas di jalan AP Pettarani untuk aktivitas sehari-hari. Dia sempat mencari jalur alternatif namun tidak ada yang bisa diakses karena juga terendam banjir. 

"Tadinya saya kira nda terlalu tinggi di sini, makanya paksa lewat saja," ujarnya.

Menurut Abdul, banjir saat ini lebih parah di banding tahun-tahun sebelumnya. Dia berpikir jalan itu  aman, namun ternyata tak luput dari banjir.

"Kita lewat sini karena dipikir aman karena jalan raya luas, tapi sama saja dengan jalan lain. Ganti saja jadi Jalan Sungai Pettarani kalau begini," ucap Abdul.

Kekesalan serupa juga diungkapkan Arni, pengendara yang motornya mogok saat menepi di Jalan AP Pettarani. "Bagaimana caranya mau dibilang bagus Makassar kalau jalan rayanya saja begini, banjir. Nda pernah nda banjir, biar sedikit hujan pasti ada-ada saja banjir," katanya.

2. Pengendara lawan arah dan putar balik hindari banjir

Banjir Makassar, Warga: Jalan AP Pettarani Kayak SungaiBanjir di Jalan AP Pettarani Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Pantauan IDN Times di lokasi, banjir terjadi di beberapa titik di sepanjang Jalan AP Pettarani. Seperti pertigaan dari arah Jalan Hertasning keluar menuju Jalan AP Pettarani. Kemudian, Jalan Raya Pendidikan keluar menuju Jalan AP Pettarani. Demikian arah sebaliknya, Jalan Andi Djemma menuju Jalan AP Pettarani. Kemudian, depan Universitas Negeri Makassar Jalan AP Pettarani, terus menuju ke arah depan Kantor Pos dan Bulog Jalan AP Pettarani.

Sebagian pengendara, khususnya roda dua, berupaya mengambil lajur lawan arah untuk menghindari banjir yang menyebabkan kendaraan mereka mogok. Ada juga yang memilih memutar balik kendaraan mereka dan mencari jalur aman. Selain banyak kendaraan mogok. terjadi penumpukan kendaraan di sepanjang jalan.

3. Banyak sampah berserakan di pinggir jalan

Banjir Makassar, Warga: Jalan AP Pettarani Kayak SungaiSampah berserakan di Jalan AP Pettarani Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Di sisi lain, banjir ini juga membuat banyak sampah didominasi plastik berserakan di sepanjang Jalan AP Pettarani. Beberapa sampah seperti kantung plastik bahkan menyangkut di badan kendaraan yang melintas.

Sebagian warga pembantu pengarah kendaraan atau Pak Ogah ikut membantu pengendara untuk memutar arah dan menghindari arus banjir. Drainase yang berada di sepanjang Jalan AP Pettarani juga sudah tak terlihat karena tergenang banjir. Beberapa pengendara lain juga saling mengingatkan agar berhati-hati saat melewati jalan tersebut.

Baca Juga: Makassar Dikepung Banjir, Warga: Ini yang Terparah

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya