22 Ribu Kotak Masker Siap Kirim dari Makassar ke Malaysia Disita

Selama 2020, mereka telah 17 kali melakukan pengiriman

Makassar, IDN Times - Direktorat Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menggagalkan upaya pengiriman puluhan ribu masker dari Kota Makassar ke luar negeri. Masker rencananya dikirim ke negara tujuan Malaysia melalui Bandara Sultan Hasanuddin.

"Ada 11 karton berisi masker wajah dengan total keseluruhan 22 ribu kotak jumlahnya," kata Kasubdit Penmas Polda Sulsel Kompol Muhammad Arsyad dalam ekspos hasil sitaan di kantornya, Kamis (5/3).

1. Puluhan ribu kotak masker hendak dikirim lewat pesawat terbang

22 Ribu Kotak Masker Siap Kirim dari Makassar ke Malaysia DisitaPolda Sulsel menyita puluhan ribu masker yang bakal dikirim ke Malaysia. IDN Times/Sahrul Ramadan

Arsyad menerangkan, pengungkapan hingga penyitaan puluhan ribu kotak masker di Makassar, berawal dari laporan petugas Kantor Bea dan Cukai yang menemukan belasan kardus besar siap kirim, pada Rabu (4/3) sekitar pukul 13.00 WITA. Setelah diperiksa, kardus itu ternyata berisi tumpukan kotak masker.

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas Dirkrimsus Polda Sulsel kemudian bergegas menuju ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar untuk memeriksa kelengkapan dokumen administrasi pengiriman masker.

"Masker ini mau dikirim ke Malaysia, menggunakan Pesawat Air Asia dengan jadwal pemberangkatan yang telah dijadwalkan. Setelah kita periksa, tidak lengkap," jelas Arsyad.

2. Sebanyak 22 ribu kotak masker hendak dikirim oleh perusahaan pengolahan hasil laut di Makassar

22 Ribu Kotak Masker Siap Kirim dari Makassar ke Malaysia DisitaPolda Sulsel menyita puluhan ribu masker yang bakal dikirim ke Malaysia. IDN Times/Sahrul Ramadan

Hasil pemeriksaan lanjutan, kata Arsyad, terungkap bahwa 22 ribu kotak masker itu dikirim oleh salah satu perusahaan swasta yang bergerak dalam sektor pengolahan hasil laut di Makassar. Petugas bahkan telah memeriksa salah satu penanggung jawab perusahaan berinisial AJ.

Petugas mendapatkan keterangan jika masker tersebut didapatkan dari berbagai penyedia layanan jasa medis di berbagai lokasi di Sulsel, khususnya di Kota Makassar.

"Pembelian dilakukan melalui jejaringnya di beberapa usaha retail yang ada di Makassar dan sekitarnya. Setelah itu terkumpul lalu diserahkan ke pemilik usaha ini lalu kemudian dipacking dan dikirim ke Malaysia," ujar Arsyad.

Baca Juga: Jual Masker Murah Tanpa SNI, 2 Pemasok di Jakarta Ditangkap Polisi

3. Masker dijual hingga Rp300 ribu per kotak di Malaysia

22 Ribu Kotak Masker Siap Kirim dari Makassar ke Malaysia DisitaPolda Sulsel menyita puluhan ribu masker yang bakal dikirim ke Malaysia. IDN Times/Sahrul Ramadan

Kasubdit 1 Indag Dirkrimsus Polda Sulsel Kompol Arisandi melanjutkan, masker yang hendak dikirim dari Makassar sedianya akan ditampung di Kuala Lumpur, Malaysia, oleh jejaring perusahaan milik pelaku. Di sana, masker itu disebutkan dijual dengan harga Rp300 ribu per kotak.

Perusahaan ini, disebutkan Arisandi, diduga memanfaatkan kondisi dan situasi di tengah-tengah kelangkaan masker yang sangat dibutuhkan masyarakat di banyak negara, termasuk di Indonesia. "Ada yang pesan di Malaysia dan kita ketahui juga konsumen hasil laut dari perusahaan yang bersangkutan," terang Arisandi.

Pengiriman masker ini, oleh pihak perusahaan, telah dilakukan sebanyak 17 kali sepanjang tahun 2020, sebelum akhirnya pengiriman terakhir digagalkan kepolisian. Pengiriman 22 ribu masker kemarin, adalah jumlah terbanyak dibandingkan pesanan sebelumnya.

Arsandi menduga, meningkatnya kebutuhan pemesan masker di luar negeri karena kecemasan terkait penyebaran wabah virus corona. Penyidik, lanjut Arisandi, sejauh ini masih memeriksa intensif penanggung jawab perusahaan, HJ.

Kejelasan status HJ akan ditentukan setelah penyidik melakukan gelar perkara internal. Termasuk berkoordinasi kembali dengan pihak Bea dan Cukai hingga ahli untuk proses status hukum HJ. Penyidik menyiapkan Pasal 107 juncto Pasal 29 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan, untuk HJ.

Baca Juga: Edarkan Masker Tanpa Izin, Pegawai Rumah Sakit di Makassar Ditangkap

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya