Comscore Tracker

5 Fakta Brigpol Anumerta Hedar yang Gugur Saat Bertugas di Papua

Hedar adalah tulang punggung keluarga

Barru, IDN Times - Hedar, anggota kepolisian yang gugur setelah disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua sudah dimakamkan Tempat Pemakaman Keluarga (TPK) di Dusun Siawung, Desa Siawung, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Anggota yang bertugas di Polda Papua itu dikebumikan di kampung halamannya sesuai dengan permintaan keluarga. 

"Atas permintaan keluarga, jenazah korban akan dikebumikan di Kabupaten Barru," kata Kabid Humas Polda Sulsel Dicky Sondani, seperti dikutip dari Antara. 

Berikut 5 fakta mengenai Hedar, seperti dirangkum IDN Times.

1. Hedar lahir di Barru dan sempat bersekolah di Papua

5 Fakta Brigpol Anumerta Hedar yang Gugur Saat Bertugas di PapuaRumah orangtua Hedar di Barru (ANTARA/HO/Zulkifli)

Hedar, lahir di Kabupaten Barru pada 17 Juli 1995 dari pasangan  Kaharuddin (ayah) dan Nurhaeda (ibu). Ayahnya berprofesi sebagai wiraswasta dan ibunya, ibu rumah tangga.

Anak semata wayang ini menyelesaikan SD tahun 2007, SMP tahun 2010. Bangku sekolah menengah atas dia selesaikan di SMA 1 Serui, Papua tahun 2013.

Hedar juga sempat mengenyam bangku kuliah dengan mengambil Strata Satu (S1) jurusan Manajemen tahun 2018 di Papua, demikian dikutip dari situs Antara (13/8).

2. Hedar dikenal berprestasi dan mahir berbahasa Jerman

5 Fakta Brigpol Anumerta Hedar yang Gugur Saat Bertugas di PapuaIlustrasi Jerman (Pixabay/KRiemer)

Semasa hidup, Hedar adalah anak berprestasi serta mahir berbahasa Jerman. Dia kemudian mencoba mendaftar menjadi anggota Polri tahun 2014. Dia dinyatakan lulus dan berhak mengikuti Pendidikan Bintara Tugas Umum Polri di SPN Jayapura, Polda Papua.

Setelah lulus, Hedar ditempatkan di Polres Lanny Jaya dengan jabatan Bintara Reskrim selama dua tahun. Selanjutnya, pada tahun 2017 ditugaskan di Direktorat Reskrimum Polda Papua dan masuk dalam tim Satgas Gakkum KKB Papua.

3. Sejak kecil, Hedar sudah ingin menjadi polisi

5 Fakta Brigpol Anumerta Hedar yang Gugur Saat Bertugas di PapuaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ayah Hedar, Kaharuddin mengungkap bahwa sejak kecil putranya itu sudah bercita-cita menjadi polisi dan untuk mengabdi kepada negara.

"Setelah tamat di SMA, dia merantau ke Papua dan mendaftar polisi di sana dan dia lulus masuk polisi tahun 2015," ujarnya.

Baca Juga: Terakhir Komunikasi Saat Idulfitri, Ayah Hedar: Tidak Ada Firasat

3. Sebagai anak sulung, Hedar selalu mengirim uang untuk adik-adiknya setiap bulan

5 Fakta Brigpol Anumerta Hedar yang Gugur Saat Bertugas di PapuaIDN Times/Istimewa

Sang ayah juga mengungkapkan bahwa setiap bulan Hedar selalu mengirim uang untuk biaya pendidikan dua saudaranya. Hedar merupakan anak sulung dari tiga bersaudara.

"Dia itu kayak kepala keluarga yang memperhatikan adik-adiknya yang kuliah dan sekolah di Makassar," kata Kaharuddin saat ditemui di rumah duka di Jl Perkebunan Desa Siawung, Kecamatan Barru, seperti dikutip dari Antara (13/8). 

Di mata sang ayah, Hedar juga dikenal merupakan sosok yang penyabar, tapi tertutup. Keluarga, imbuhnya, sangat merasa kehilangan. 

Adik bungsu almarhum, Danu Wijaya juga tidak bisa menyembunyikan rasa duka mendalam atas kepergian Hedar. Baginya, sang kakak adalah sosok pengayom.

"Saya ketemu pas waktu Idulfitri kemarin dan dia berpesan agar nanti saya tamat SMA pindah ke Papua saja untuk mendaftar anggota Polri," kata Danu.

 

5. Gugur saat bertugas, Hedar dianugerahi pangkat penghormatan

5 Fakta Brigpol Anumerta Hedar yang Gugur Saat Bertugas di PapuaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Hedar bersama rekannya, Bripka Alfonso Wakum, dihadang sekelompok warga di sekitar Kampung Mudidok, Kabupaten Puncak. Sementara Hedar disandera KKB, Alfonso yang mengendarai sepeda motor berhasil menyelamatkan diri sekaligus melaporkan peristiwa tersebut.

Jenazah Hedar kemudian ditemukan tak jauh dari lokasi penyanderaan, yakni di Kampung Usir, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua pada Senin (12/8).

Atas jasanya, Hedar kemudian dianugerahi pangkat penghargaan brigadir polisi anumerta. Selamat Jalan Brigpol Hedar... 

Baca Juga: 5 Potret Penghormatan Terakhir untuk Briptu Hedar yang Gugur di Papua

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You