Comscore Tracker

Butuh Rp500 Miliar untuk Rampungkan Stadion Barombong

Nurdin ingin bangun lahan parkir dan akses jalan masuk

Makassar, IDN Times - Pembangunan Stadion Barombong di Kecamatan Tamalate, Kelurahan Barombong hingga kini belum juga tuntas. Untuk merampungkan pembangunan stadion itu, Pemerintah butuh anggaran sebesar Rp500 miliar.

Itu diungkapkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat mengaku kelanjutan pembangunan stadion Barombong. “Kita masih butuh Rp500 miliar lagi,” ucap Nurdin usai meninjau stadion Barombong, Selasa (14/5).

1. Pembangunan akses masuk dan lahan parkir stadion

Butuh Rp500 Miliar untuk Rampungkan Stadion BarombongGoogle Earth

Menurut Nurdin, masih ada beberapa bagian stadion yang harus dibahas untuk diselesaikan, antara lain lahan parkir dan akses jalan masuk stadion.

“Rencananya, akan kita lebarin jalan, mulai dari Jalan Metro Tanjung Bunga sampai di dalam gerbang Stadion Barombong,” ujar dia.

2. Pembangunan stadion ini sempat diaudit

Butuh Rp500 Miliar untuk Rampungkan Stadion BarombongIDN Times/Didit Hariyadi

Dia menjelaskan bahwa seluruh pembangunan mega proyek harus diaudit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulsel. Untuk mengetahui cut off proyek tersebut agar bisa memulai kembali supaya bisa dilanjutkan dan dirampungkan cepat.

“Ini supaya jelas aja kita mulai dari mana, bukan mencari siapa yang salah,” tambahnya. Selama proses audit, pengerjaan dan alokasi anggaran ini sempat dihentikan sementara.

Baca Juga: KPK Monitoring 25 Daftar Aset Pemkot Makassar Bermasalah

3. Pembebasan sebagian lahan masih berproses

Butuh Rp500 Miliar untuk Rampungkan Stadion BarombongGoogle Earth

Setelah meninjau  konstruksi bangunan, Gubernur Nurdin juga mengecek keadaan bangunan secara keseluruhan. Dia juga mengungkap bahwa pemprov masih menyelesaikan proses pembebasan beberapa titik lahan. Di antaranya 3,5 hektare lahan yang segera diserahkan dan 5,5 hektare yang masih di Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk lahan parkir.

Stadion berkapasitas 40.000 penonton tersebut diharapkan cepat rampung sehingga bisa digunakan PSM Makassar sebagai home base.  “Lahan ini sekaligus penyerahan fasilitas umum jalan Tanjung Bunga supaya tidak ada polemik lagi," ujar Nurdin.

Saat ini pembangunan Stadion Barombong sudah menghabiskan alokasi APBD Sulsel senilai Rp224 miliar lebih. Dan progres pengerjaan konstruksinya sekitar 67 persen.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You