Uang Rp700 Juta Raib, Perempuan asal Gowa Mengaku Ditipu Istri Polisi

PN Gowa perintahkan polisi buka lagi penyelidikan usai SP3

Makassar, IDN Times - Seorang istri polisi asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Lili Dewi Jayanti Mannan (28), melaporkan temannya, MNW (22), yang juga adalah istri polisi di Makassar terkait kasus penipuan dan penggelapan.

Lili Dewi mengaku, uangnya sebesar Rp700 juta dipinjam pakai oleh terlapor MNW pada tahun 2021 untuk modal bisnis jual pakaian secara online, dengan iming-iming bagi hasil. Namun hingga saat ini, modalnya tidak kunjung dikembalikan.

"Jadi awalnya dia iming-iming bagi hasil, tapi sampai sekarang tidak ada modalku (Rp700 juta) yang dia kembalikan," ungkap Lili Dewi kepada wartawan saat ditemui di salah satu warung kopi di Kota Makasssar, Senin malam (5/6/2023).

Lili Dewi melaporkan MNW di Ditreskrimum Polda Sulsel pada tanggal 29 Mei 2022. Tapi kemudian kasus tersebut dilimpahkan ke Satreskrim Polres Gowa karena jumlah kerugian tidak mencapai Rp1 miliar.

1. Dari arisan sampai dugaan penipuan penggelapan Rp700 juta

Uang Rp700 Juta Raib, Perempuan asal Gowa Mengaku Ditipu Istri PolisiIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Lili Dewi menceritakan, pada 2021 silam dia dan MNW bersama-sama mengikuti sebuah grup arisan. Dari situ, relasi bisnis mereka terjalin. Saat itu, MNW meminjam uang Lili Dewi Rp100 juta untuk bisnis jual pakaian online, Lili pun menyanggupi permintaan MNW untuk memakai uangnya.

"Dia ambil di saya modalnya itu 100 juta, iming-iming bagi hasil 20 juta untuk keuntungannya. Waktu itu tanggal 27 oktober 2021. Ada hasilnya 20 juta dia kasih ke saya, tapi modalnya sampai sekarang belum dia kembalikan," kata Lili Dewi.

Kemudian, Lili menyerahkan lagi Rp50 juta kepada MNW pada November di tahun yang sama. Dari uang tersebut, Lili memperoleh bagi hasil sebanyak Rp10 juta. "Setelah itu di bulan yang sama ambil lagi 100 juta sampai mentok 8 bulan tapi modalku (Rp700 juta) tidak kembali," lanjutnya.

2. Lili Dewi mengaku dikira rentenir oleh keluarga MNW

Uang Rp700 Juta Raib, Perempuan asal Gowa Mengaku Ditipu Istri PolisiIstri polisi di Gowa, Lili Dewi Mannan (28) saat tunjukan laporan kasusnya. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Sebelum melapor ke Polda Sulsel, Lili Dewi mengatakan, dia sudah mendatangi rumah MNW. Tapi oleh keluarga MNW, Lili Dewi dianggap seperti rentenir yang terus datang menagih, hingga pada akhirnya MNW tidak mau berkomunikasi lagi dengannya. 

"Susah ditagih, padahal ini uang saya. Saya sudah komunikasi ke dia, saya ke rumahnya baik-baik tapi keluarganya mengira saya ini rentenir, kalau renteninr itu kan bertambah tapi sampai sekarang uang saya di dia itu 700 juta, itu saja," terang Lili Dewi.

Baca Juga: Gakkum LHK Sita Puluhan Burung Dilindungi di Gowa-Makassar

3. PN Gowa perintahkan polisi buka lagi penyelidikan usai SP3

Uang Rp700 Juta Raib, Perempuan asal Gowa Mengaku Ditipu Istri PolisiMuhammad Saleh, pengacara Lili Dewi, saat mendampingi kliennya jumpar pers di Makassar, Senin (5/6/2023). IDN Times/Dahrul Lobubun

Kasus dugaan penipuan ini sempat dihentikan oleh penyidik Polres Gowa setelah mereka menerbitkan surat penghentian penyelidikan perkara (SP3), berdasar rekomendasi Polda Sulsel, karena dianggap tidak cukup bukti, usai gelar perkara pada 15 April 2023.

"Sehingga tim penyidik Polres Gowa memakai dasar itu untuk menghetikan perkara. Tapi kami kemudian melakukan upaya hukum dengan cara menguji SP3 itu di Pengadilan Negeri Sungguminasa (Gowa)," kata pengacara Lili Dewi, Muhammad Saleh.

"Upaya hukum tersebut kami ajukan melalui praperadilan, setelah berjalan akhirnya proses praperadilan kami dikabulkan, dengan amar putusan memerintahkan Polres Gowa untuk melanjutkan kembali proses penyelidikan laporan tersebut," tambahnya.

Putusan praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Sungguminasa Gowa memerintahkan penyidik Polres Gowa membuka lagi kasus Lili Dewi pada tanggal 31 Mei 2023. Pihak pengacara pun masih menunggu perkembangan kasus tersebut.

Baca Juga: 4 Pria Sidrap Penipu Jastip Tiket Konser Coldplay Ditangkap

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya