Pj Gubernur Sulsel Mengerucut ke 4 Nama jelang Paripurna DPRD

Pimpinan DPRD repot kerucutkan 3 nama calon Pj Gubernur

Makassar, IDN Times - Empat nama calon Penjabat atau Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) pengganti Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengerucut sebelum digelar rapat paripurna di DPRD Sulsel.

Wakil Ketua II DPRD Sulsel, Ni'matullah yang juga anggota Fraksi Partai Demokrat menyebutkan, awalnya ada enam nama diusul untuk calon Pj Gubernur Sulsel yang nantinya akan diserahkan ke Kemendagri.

"Tinggal empat nama sekarang. Berdasarkan abjad, Aswanto, Bahtiar, Rivai Ras, dan Jufri Rahman. Jadi empat nama ini besok (Selasa) kita akan bicarakan lagi," ungkapnya, pada Senin malam (7/8/2023).

Sebelumnya, DPRD Sulsel mengumumkan secara resmi akhir masa jabatan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD Sulsel, pada Jumat (4/8/2023) waktu lalu.

Dalam rapat yang dipimpin langsung ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, disebutkan bahwa masa jabatan Gubernur Sulsel periode 2018-2023 berakhir 5 September 2023.

1. Masih ada rapat pimpinan dan fraksi sebelum paripurna

Pj Gubernur Sulsel Mengerucut ke 4 Nama jelang Paripurna DPRDIlustrasi rapat paripurna DPRD Sulsel. Humas Pemprov Sulsel

Saat ditemui wartawan di ruang kerjanya usai rapat Fraksi Demokrat hingga pukul 21.00 Wita, Ni'matullah menyebutkan, para ketua Fraksi di DPRD Sulsel akan kembali rapat sebelum paripurna digelar.

"Mudah-mudahan besok (Selasa) kita rapat lagi untuk konsultasi pimpinan dan ketua Fraksi jam 1 siang sebelum masuk paripurna sekitar pukul 3 atau 4 (biar) ada gambaran pada rapat itu," terangnya.

"Kalau pada jam 1 itu tidak ada kesepahaman, ya kemungkinan besar kita voting saat rapat paripurna nanti. Jadi itu untuk sementara ini," sambung Ni'matullah yang juga ketua DPD Demokrat Sulsel.

2. Pimpinan DPRD repot kerucutkan 3 nama calon Pj Gubernur Sulsel

Pj Gubernur Sulsel Mengerucut ke 4 Nama jelang Paripurna DPRDRapat paripurna terkait usulan pemberhentian Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulsel di gedung DPRD Sulsel, Jumat (4/8/2023) malam. IDN Times/Asrhawi Muin

Ni'matullah menyebutkan, sampai saat ini 4 nama yang mengerucut menggantikan Andi Sudirman Sulaiman berdasarkan usulan dari setiap fraksi. Dia pun enggan sebut fraksi yang mendominasi.

"Tiap fraksi kan berbeda-beda, dan semua bertahan karena ada pilihannya masing-masing kan? agak repot karena kita ada sembilan dan begitu mau dikerucutkan jadi 3 jadi agak repot," beber Ni'matullah.

Baca Juga: Ketua DPRD Harap Pj Gubernur Sulsel Putra Daerah, Siapa yang Layak?

3. Ni'matullah sebut pimpinan DPRD tidak punya suara

Pj Gubernur Sulsel Mengerucut ke 4 Nama jelang Paripurna DPRDWakil Ketua II DPRD Sulsel, Ni'matullah. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Ni,matullah juga menambahkan, dia dan beberapa pimpinan DPRD Sulsel yang lain pada saat rapat pimpinan dan ketua fraksi nanti, tidak memiliki suara untuk menentukan 3 nama yang dikerucutkan.

"Sementara kami pimpinan (nanti) hanya menjadi moderator, karena kami tidak punya suara nanti, dan yang punya suara memilih itu adalah fraksi. Nantilah kita lihat besok saat paripurna," tambah Ni'matullah.

Baca Juga: Ini Sederet Nama Bakal Calon Pj Gubernur Sulsel yang Mencuat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya