Pelajar di Makassar Minta Tolong Damkar Lepaskan Cincin di Jarinya

Damkar Makassar sudah menerima 50 aduan serupa di 2023

Makassar, IDN Times - Seorang pelajar SMA mendatangi Kantor Pemadam Kebakaran Makassar di Jalan Dr. Ratulangi, Kecamatan Mariso, Senin pagi (17/7/2023). Dia meminta tolong kepada petugas damkar melepaskan cincin yang tersangkut di jari tangannya.

Kepala Bidang Penyelamatan Damkar Makassar Safari Abustam mengatakan, pelajar bernama Fitrah itu datang dengan cincin terpasang di jari tengah tangan kanannya. Dia mengaku kesulitan mengeluarkan cincin itu, bahkan membuat jari tangannya bengkak. Petugas damkar akhirnya bisa membantu mengeluarkan cincin itu.

"Penanganan lepas cincin itu mulai pukul 07.15 dan selelsai 07.30 Wita," kata Kepala Bidang Penyelamatan Damkar, Safari Abustam dikonfirmasi IDN Times Sulsel, Senin.

Baca Juga: Mobil Damkar Makassar Terbalik saat Hendak Tangani Kebakaran Rumah

1. Cincin tersangkut bikin jari kram dan sakit

Pelajar di Makassar Minta Tolong Damkar Lepaskan Cincin di JarinyaTim Penyelamatan Damkar Makar MAkassar usai proses lepas cincin ditangan pelajar. (Istimewa)

Safari mengatakan, Fitra datang ke Kantor Damkar sebelum berangkat ke sekolah. Pria itu mengaku meminta bantuan petugas damkar karena cincin yang tersangkut di jarinya sudah membuatnya merasa kram dan kesakitan.

"Semua masyarakat yang datang untuk melepas cincinnya itu karena rata-rata mereka mengeluh jarinya sudah sakit dan membengkak," ucap Safari.

Petugas damkar bisa mengeluarkan cincin dari jari tangan Fitra dibantu alat gerinda. Petugas berhati-hati agar tidak melukai tangannya.

2. Damkar siap melayani jika warga butuh bantuan

Pelajar di Makassar Minta Tolong Damkar Lepaskan Cincin di JarinyaProses pelepasan cincin di Mako Damkar Kota Makassar. (Istimewa)

Safari menyebutkan, Damkar Makassar selama ini menerima layanan bantuan jika ada orang kesulitan mengeluarkan cincin dari jarinya. Masyarakat bisa mendatangi kantor damkar terdekat, baik Mako Damkar maupun posko di Jalan Pengayoman, Kecamatan Panakkukang.

"Bisa hubungi call centre Damkar baru nanti diteruskan ke tim rescue, atau biasanya warga itu datang langsung ke dua lokasi di Pengayoman dan Mako," terang Safari.

Petugas juga bersedia datang jika masyarat yang meminta bantuan tidak sempat datang ke kantor. "Kalau ada masyarakat dalam keadaan terbaring sakit dan tidak bisa datang baru tim rescue akan mendatangi rumah yang bersangkutan," dia melanjutkan.

3. Damkar catat 50 kasus lepas cincin selama 2023

Pelajar di Makassar Minta Tolong Damkar Lepaskan Cincin di JarinyaIlustrasi mobil Dinas Pemadam Kebakaran (IDN Times Sulsel/Dahrul Amri)

Damkar Makassar cukup sering menerima aduan permintaan melepas cincin tersangkut. Sepanjang tahun 2023, mereka mencatat 50 aduan serupa. Pada Juni 2023, ada sepuluh kasus.

"Kasus pelepasan cincin, baik di posko Damkar pengayoman atau di Mako Damkar," kata Safari.

Baca Juga: Cerita Anggota Damkar Makassar, Bertugas dengan Risiko Kerja Tinggi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya