Comscore Tracker

Musra II di Makassar: Sulsel Barometer Politik Indonesia Timur

Jokowi akan hadiri Musra II di Makassar

Makassar, IDN Times - Musyawarah Rakyat (Musra) II akan digelar di gedung Celebes Convention Centre (CCC), Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 2 Oktober 2022 mendatang.

Ketua Panitia Nasional Musra II Indonesia, Panel Barus mengatakan, alasan Musra II digelar di Sulsel, tepatnya di Kota Makassar, karena dinilai sebagai episentrum Indonesia Timur.

"Kenapa (Musra II) Sulsel?, ya kalau ingin tahu geopolitik Indonesia Timur silakan lihat politik di Sulsel," ungkap Panel Barus saat konferensi pers di warkop Benz, Jalan Kajaolalido, Makassar, Kamis sore (29/9/2022).

1. Panel sebut masa depan Indonesia ada di Indonesia Timur

Musra II di Makassar: Sulsel Barometer Politik Indonesia TimurKetua panitia nasional Musra II Indonesia, Panel Barus (tengah) saat diwawancarai di Makassar, Kamis (29/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Selain itu, lanjut Panel, kawasan timur Indonesia merupakan barometer politik dan masa depan Nusantara yang berpusat di Sulsel.

"Bagian Barat (Indonesia) sudah habis, sekarang dan masa depan di Indonesia Timur. Sulawesi Selatan ini episentrumnya, mau tahu konstalasi politik di Indonesia Timur, di sini, Sulawesi Selatan," katanya.

2. Jokowi akan hadiri Musra II di Makassar

Musra II di Makassar: Sulsel Barometer Politik Indonesia TimurPresiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN pada Kamis (12/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Presiden RI, Joko Widodo ata Jokowi diagendakan hadir di kegiatan Musra II Indonesia di Makassar. Kata Panel, kegiatan kelompok relawan Jokowi itu akan dihadiri 25 ribu orang dari berbagai kalangan, tapi atas nama rakyat, sekalipun mereka berlatar belakang politikus.

"Pak Jokowi dijadwalkan akan hadir, dan soal isu pak Jokowi tiga periode itu tidak mungkin karena konstitusi tidak ijinkan itu. Dan peserta atau rakyat yang hadiri Musra dua ini dari 24 labupaten kota di Sulawesi Selatan, nanti dilihat apakah daya tampung gedung akan muat atau tidak," jelas Panel.

Menurut Panel, Musra merupakan eksperimen politik baru. Di mana rakyat ikut terlibat dan bisa menyuarakan pilihan pemimpin Indonesia selanjutnya.

"Dan yang paling penting adalah ini akan menjadi legacy politik bagi Pak Jokowi. Kenapa begitu? Karena kalau kita lihat historisnya pak Jokowi lahir dari gerakan rakyat. Musra juga menjadi penting nanti melahirkan pemimpin juga," lanjutnya.

Baca Juga: Jokowi Diagendakan Hadiri Musra II di Makassar 2 Oktober 2022

3. Hasil Musra II akan dilaporkan ke Jokowi

Musra II di Makassar: Sulsel Barometer Politik Indonesia TimurPresiden Joko “Jokowi” Widodo memberi arahan dalam Rakornas BMKG 2022. (dok. YouTube Info BMKG).

Musra serupa akan digelar di beberapa daerah. Mereka yang hadir ini nanti akan memilih calon pemimpin di masa depan sebagai gambaran saat kontestasi politik Pemilu 2024.

Panel menilai, alat rekam yang paling jujur saat ini jelang Pilpres 2024, adalah melalui Musra. Untuk itu, hasil Musra II nanti dari Makassar dan beberapa daerah lain, akan dikumpulkan dan diserahkan ke Jokowi.

"Apa yang dihasilkan Musra ini, nanti kita kompilasikan, nanti pasca lebaran (2023) kita umumkan kemana kita melabuhkan arah dukungan kita. Tentu setelah putaran Musra selesai kita akan melaporkan hasil Musra ke Pak Jokowi dulu," terangnya.

Baca Juga: Ketua RT/RW ke Musra II, Danny Tegaskan Pemkot Makassar Tak Terlibat 

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya