Alasan Projo Sulsel Dukung Prabowo-Airlangga di Pilpres: Kode Jokowi

Hasil Konferda DPD Projo Sulsel usul Prabowo capres

Makassar, IDN Times - DPD Pro Jokowi (Projo) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah memastikan dukungan politik kepada bakal calon presiden (capres), Prabowo Subianto, dan bakal calon wakil presiden (cawapres), Airlangga Hartarto, untuk pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Ketua DPD Projo Sulsel, Herwin Niniala mengatakan, keputusan untuk mendukung Prabowo-Airlangga sebagai capres dan wawapres berdasarkan tanda-tanda dukungan yang diperlihatkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo kepada Prabowo.

"Kami berdasarkan survei dan melihat simbol yang ada, kode-kode antara Pak Jokowi dan Pak Parbowo. Kemarin itu naik mobil bersama di Pindad, Pak Prabowo nyetir dan Pak Jokowi di belakang," ungkap Herwin kepada IDN Times, Rabu (26/7/2023).

Selain itu, menurut Herwin, pada penutupan musyawarah rakyat (musra) Projo di Jakarta, Jokowi meminta relawannya memilih sosok pemberani dan berpengalaman. Hal itu, sebut Herwin, merujuk ke sosok Prabowo.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi bak pedang bermata dua. Partainya, PDI Perjuangan mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai bacapres. Namun sikap pribadinya seakan-akan mendukung Prabowo sebagai suksesornya.

1. Hasil Konferda DPD Projo Sulsel usul Prabowo Capres

Alasan Projo Sulsel Dukung Prabowo-Airlangga di Pilpres: Kode JokowiRelawan Projo Sulsel saat menggelar Konferda di Hotel Claro, Kota Makassar. (Istimewa)

Selain kode-kode dukungan dari Jokowi ke Prabowo, Herwin juga mengatakan, dasar kuat DPD Projo Sulsel mendukung Prabowo-Airlangga setelah melalui Konferensi Daerah (Konferda) yang dihadiri 18 DPC Projo Sulsel pada 18 Juni 2023.

"Bulan lalu Konferda di hotel Claro (Makassar), hasil konferda itu teman-teman mengusulkan ke DPP nama Prabowo dan Airlangga. Ini juga kan baru usulan, nanti pada saat Rakernas akhir Agustus, kita lihat di situ," terangnya.

Sekarang ini, kata Herwin, sudah ada 6 DPD Projo di beberapa provinsi mengusulkan Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto berpasangan melalui Konferda pada masing-masing DPD.

"Jadi sudah ada enam DPD Projo mengusung Prabowo, yaitu Sulsel, Sulawesi Utara (Sultra), kemudian Sumatera Barat, Jawa Barat (Jabar), Nusa Tenggara Barat (NTB), serta di Riau itu yang terakhir, semua Prabowo," lanjutnya.

2. Projo-Tim Prabowo daerah hingga pusat makin intens

Alasan Projo Sulsel Dukung Prabowo-Airlangga di Pilpres: Kode JokowiKetua DPD Projo Sulsel, Herwin Niniala saat memberikan baju Projo ke Presiden Jokowi di Makassar. (Istimewa)

Terkait komunikasi antara Projo baik di daerah hingga pusat, Herwin menyatakan semakin intens. Hal itu menurutnya agar silaturahmi tetap terjaga, serta rencana-rencana yang bakal dibangun tetap bersinergi dan sesuai target.

"Komunikasi kami baik, dua minggu lalu tim sukses Prabowo di Jakarta kunjungi DPP Projo, ini sinyal bagus untuk komunikasi. Kalau di Sulsel yang sering koordinasi dengan ketua DPW (Gerindra), pak Andi Irwan Aras," ujarnya.

Herwin berharap, antara Projo dan Gerindra Sulsel bisa segera bekerja sama mempersiapkan tim sukses untuk pemenangan Prabowo.

Baca Juga: Projo Sulsel Nyatakan Dukung Prabowo-Airlangga pada Pilpres 2024

3. Soal isu perpecahan relawan disebut hanya dinamika

Alasan Projo Sulsel Dukung Prabowo-Airlangga di Pilpres: Kode JokowiKetua DPD Projo Sulsel, Herwin Niniala berbicara saat Konferda di Hotel Claro Makassar, 18 Juni 2023. (Istimewa)

Sementara itu, terkait isu perpecahan di kubu relawan Jokowi, Herwin menanggapi santai. Dia menyatakan, dalam sebuah dinamika politik perpecahan itu bisa saja terjadi.

"Itu dinamika dalam organisasi, (Partai Golkar) saja pecah berapa itu, ada Gerindra, ada NasDem dan beberapa ke yang lain. Yang penting sekarang Projo sedang solid-solidnya ini dukung Prabowo Subianto," jelas Herwin Niniala.

Baca Juga: Projo Sulsel Dukung Prabowo, Pengamat: Mereka Independen

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya