Duh, Sampah Plastik Menumpuk di Pintu Air Kota Makassar

Petugas Pemkot dan warga mengangkut sampah di dua pintu air

Makassar, IDN Times - Memasuki musim hujan, pengerukan sampah terus dilakukan di sejumlah pintu air di Kota Makassar. Pada Senin (6/1), pengerukan dilakukan ketika Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb meninjau dua pintu air. Masing-masing pintu air Tamalabba dan Kanal Pannampu di Kecamatan Ujung Tanah.

Pengerukan sampah dilakukan oleh Satgas Anti Genangan PSDA Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar bersama warga setempat. Pengangkutan sampah di Kanal Pannampu tampak menggunakan mesin, berbeda dengan pengerukan di Tamalabba yang dilakukan secara manual.

Sampah-sampah itu perlahan dipindahkan ke dalam dump truck pengangkut. Sampah rumah tangga berupa botol plastik dan kemasan makanan ringan lainnya terlihat mendominasi. Selain itu, tampak pula ranting-ranting pohon dan dedaunan saat diangkut dari kanal.

1. Sampah berasal dari berbagai wilayah

Duh, Sampah Plastik Menumpuk di Pintu Air Kota MakassarSejumlah petugas terlihat membersihkan pintu air Tamalabba, Senin (6/1). IDN Times/Asrhawi Muin

Camat Ujung Pandang Andi Unru menuturkan, sampah yang mengalir di pintu air Tamalabba merupakan kiriman dari daerah-daerah lain di Makassar. Lokasinya yang berada paling ujung dan dekat dengan daerah pesisir membuatnya menerima kiriman sampah dari segala arah.

"Jadi sampah di sini dari berbagai sumber. Ada sumber kiriman dari atas, ada juga dari warga sendiri dan terkadang dari laut ketika pasang naik," ujar Andi Unru.

2. Sebagian sampah akan langsung dihancurkan

Duh, Sampah Plastik Menumpuk di Pintu Air Kota MakassarSejumlah petugas terlihat membersihkan pintu air Tamalabba, Senin (6/1). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan bahwa sampah-sampah yang telah diangkut itu akan dibawa ke tempat pembuangan akhir untuk kemudian diolah kembali.

Sementara sampah lainnya yang bukan merupakan sampah daur ulang akan langsung dihancurkan saat tiba di tempat pembuangan akhir sampah.

"Sampah ini sebagian akan langsung dihancurkan di tempat pembuangan akhir," katanya.

Baca Juga: Makassar Belum Bisa Bebas dari Banjir, Ini Penjelasan Walhi

3. Kesadaran masyarakat masih kurang

Duh, Sampah Plastik Menumpuk di Pintu Air Kota MakassarSejumlah petugas terlihat membersihkan pintu air Kanal Pannampu, Senin (6/1). IDN Times/Asrhawi Muin

Lebih jauh Iqbal menjelaskan bahwa membersihkan pintu air sebenarnya tidak sulit. Bagian tersulitnya, kata Iqbal, saat sampah di pintu air selesai dibersihkan lalu tak lama sampah baru kembali bertumpuk.

"Yang lama itu adalah mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah plastiknya," katanya.

Maka dari itu, Pemkot Makassar akan terus menggalakkan edukasi kepada masyarakat. Salah satu hal paling sederhana adalah mengajak masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. 

"Kita selalu memberikan pemahaman kepada warga baik di tingkat kelurahan, RT/RW, maupun di tempat ibadah, setiap kesempatan kita ingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama sampah-sampah plastik," katanya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Prihatin Lihat Pintu Air di Makassar Dipenuhi Sampah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya