[UPDATE] 32 Pasien Corona Meninggal, Kasus di Sulsel Tak Tercatat

Dinkes Sulsel klaim sudah melaporkannya ke pusat

Makassar, IDN Times – Pemerintah mengumumkan pembaruan atau update jumlah kasus virus corona COVID-19 di Indonesia, per Jumat (20/3). Hingga siang ini, jumlah pasien terinfeksi dikonfirmasi sebanyak 369 orang, atau bertambah 60 kasus dalam satu hari terakhir.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyebutkan, dari Kamis (19/3) hingga Jumat siang terdapat 7 tambahan kasus pasien meninggal, sehingga jumlah total pasien meninggal jadi 32 orang. Di saat yang sama, ada tambahan 1 kasus pasien sembuh, sehingga sejauh ini total 17 pasien corona dinyatakan sembuh.

“Ini adalah catatan-catatan yang kita dapatkan dari keseluruhan pergerakan data di hari ini,” kata Yuri pada konferensi pers yang disiarkan dari Jakarta, Jumat (20/3) petang Wita.

Baca Juga: Satu Warga Sulsel Baru Ketahuan Positif Corona setelah Meninggal Dunia

1. Kasus kematian di Sulsel tak tercatat di data pemerintah pusat

[UPDATE] 32 Pasien Corona Meninggal, Kasus di Sulsel Tak TercatatANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Menurut data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang ditampilkan pada konferensi pers, jumlah kasus pasien corona meninggal per hari ini mencapai 32 orang. Jumlah terbanyak di Jakarta, yakni 18 kematian.

Data yang sama tidak menunjukkan kasus kematian di Sulawesi Selatan. Sebelumnya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah pada Kamis (19/3) mengumumkan bahwa satu dari dua orang positif virus corona di wilayahnya telah meninggal. Pasien dengan identitas Kasus 285 itu meninggal pada Minggu (15/3), empat hari sebelum hasil pemeriksaan menyatakan dia positif.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel Ichsan Mustari mengatakan, data kematian pasien positif di daerahnya sudah dilaporkan kepada pemerintah pusat. Dia menduga laporan itu belum dimasukkan dalam pembaruan teranyar.

"Sudah dilaporkan, pusat belum update,"  kata Ichsan melalui pesan WhatsApp.

2. Hasil laboratorium langsung dikirimkan ke rumah sakit dan dinas kesehatan

[UPDATE] 32 Pasien Corona Meninggal, Kasus di Sulsel Tak TercatatCenter for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat

Yuri mengatakan Kementerian Kesehatan terus memeriksa spesimen pasien suspect corona dari berbagai daerah di Indonesia. Begitu hasil laboratorium keluar, datanya langsung dikirimkan ke rumah sakit tempat pasien dirawat. Sehingga dokter penanggun jawab pasien bisa memberitahu kepada yang bersangkutan tentang penyakitnya.

Hasil lab juga diserahkan kepada dinas kesehatan setempat, untuk melihat identitas pasien secara lengkap. Dari identitas itu bisa dilakukan penelusuran riwayat kontak (contact tracing) jika pasien dinyatakan positif.

“Kita cari siapa saja yang pernah kontak dengan pasien, dan harus kita lakukan pemeriksaan. Upaya kita mencari, menemukan, dan mengisolasi kasus positif di masyarakat. Supaya tidak menyebar ke mana-mana,” Yuri menerangkan.

3. Social distancing jadi cara paling mudah mencegah penyebaran corona

[UPDATE] 32 Pasien Corona Meninggal, Kasus di Sulsel Tak TercatatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Yuri mengatakan, masyarakat bisa ambil bagian dalam upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19. Cara yang paling mudah dan efektif adalah menjaga jarak atau membatasi interaksi social (social distancing).

“Ini cara yang paling efektif, paling mudah, semua bisa melaksanakan untuk mengurangi tularan dari orang sakit kepada kita. Jaga jarak dan tetap tenang,” ujar Yuri.

Berikut update data kasus terinfeksi virus corona per Jumat (20/3):

Bali: 4 kasus

Banten: 37 kasus

DI Yogyakarta: 4 kasus

DKI Jakarta: 215 kasus

Jawa Barat: 41 kasus

Jawa Tengah: 12 kasus

Jawa Timur: 15 kasus

Kalimantan Barat: 2 kasus

Kalimantan Timur: 10 kasus

Kalimantan Tengah: 2

Kepulauan Riau: 4 kasus

Sulawesi Utara: 1 kasus

Sumatera Utara: 2 kasus

Sulawesi Tenggara: 3 kasus

Sulawesi Selatan: 2 kasus

Lampung: 1 kasus

Riau: 1 kasus

Dalam investigasi: 13

 

Baca Juga: Dinkes Sulsel Tracing Riwayat Kontak 2 Pasien Positif Corona

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya