Tiga Ketum Parpol Dijadwalkan Hadir saat Pertemuan KIB di Makassar

Apakah pertemuan KIB di Makassar akan deklarasi Capres 2024?

Makassar, IDN Times - Tiga partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal menggelar pertemuan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 6 November 2022 mendatang. Rencananya, pertemuan akan dipusatkan di Hotel Dalton.

Ketua DPW PPP Sulsel, Imam Fauzan, mengatakan seluruh Ketua Umum parpol yang tergabung di KIB dijadwalkan akan hadir. Mereka yaitu Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Sudah fix. Agenda akan dimulai pada siang sekitar pukul 12.00 WITA, diawali dengan makan siang," kata Fauzan, Kamis (3/11/2022).

1. Semua kader diminta hadir

Tiga Ketum Parpol Dijadwalkan Hadir saat Pertemuan KIB di MakassarKetua Umum Golkar Airlangga Hartarto (tengah), bersama dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Waketum PPP Amir Uskara di Jiexpo, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Fauzan juga mengajak seluruh pimpinan partai PPP di tingkat kabupaten dan kota untuk hadir dalam pertemuan tersebut. Hal ini sebagai upaya untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam agenda penting KIB ini.

"Termasuk anggota DPRD PPP di Sulsel kita juga minta untuk hadir," katanya. 

2. Serahkan keputusan ke DPP

Tiga Ketum Parpol Dijadwalkan Hadir saat Pertemuan KIB di MakassarIlustrasi capres cawapres (IDN Times/Mardya Shakti)

Namun Fauzan enggan berkomentar banyak terkait konsolidasi politik terkait pemilihan presiden (Pilpres) 2024.. Dia hanya menyerahkan segala keputusan kepada petinggi partainya termasuk kemungkinan KIB mendeklarasikan kandidat capres. 

"Kalau kita di PPP, keputusan ada di DPP, dalam hal ini Pak Ketua Umum kita, Pak Mardiono," jelasnya. 

Baca Juga: Hasil Muskerwil, PPP Sulsel Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

3. Membahas pemenangan pilpres

Tiga Ketum Parpol Dijadwalkan Hadir saat Pertemuan KIB di MakassarKetua Umum Golkar Airlangga Hartarto (tengah), bersama dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Waketum PPP Amir Uskara di Jiexpo, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Pertemuan parpol KIB di Makassar dikabarkan akan membahas kelanjutan terkait pemenangan Pemilihan Presiden 2024. Sejumlah DPC PPP juga telah merekomendasikan Ganjar Pranowo untuk didorong sebagai capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Wakil Ketua Umum PPP, Amir Uskara, sebelumnya menyatakan agenda ini akan menjadi agenda akbar. Pasalnya, para ketua umum akan memboyong petinggi-petinggi elite DPP masing-masing. Bahkan 34 ketua partai level provinsi juga akan hadir di Makassar.

"KIB itu belum membahas nama Capres, kita fokus dulu menyusun konsepnya, nanti nama capresnya ditentukan di akhir," kata Amir Uskara.

Baca Juga: Ketum Baru PPP Mardiono Perkenalkan Diri ke Kader di Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya