Sejumlah Pohon di Kabupaten Gowa Tumbang akibat Angin Kencang

Tim Gerak Cepat Pemkab Gowa lakukan evakuasi

Makassar, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/12/2020), mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis menyebutkan pohon tumbang terjadi di beberapa ruas jalan di Kabupaten Gowa, khususnya di Kecamatan Somba Opu. Menanggapi hal tersebut pihaknya langsung melakukan evakuasi batang pohon.

"Saat ini kami Tim Dinas Lingkungan Hidup sementara melakukan evakuasi batang pohon yang menutupi jalan agar bisa dilalui kendaraan," kata Azhari seperti dalam rilis yang diterima IDN Times.

1. Satu unit rumah tertimpa pohon

Sejumlah Pohon di Kabupaten Gowa Tumbang akibat Angin KencangEvakuasi pohon tumbang di Jalan Poros Macanda Kabupaten Gowa Sulsel, Sabtu (19/12/2020). DLH Gowa

Pohon tumbang akibat angin kencang itu terjadi di beberapa titik, di antaranya Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo depan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Jalan Poros Macanda Kelurahan Mawang, Kompleks Pandang-Pandang, dan Jalan Poros Panciro.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Hanya saja, kata Azhari, satu unit rumah tertimpa pohon. Karena itu, dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap cuaca saat ini.

"Kami berharap agar seluruh warga masyarakat tetap menjaga keselamatan, menghindari titik-titik rawan pohon tumbang, dan melaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup bila mana ada kejadian-kejadian pohon tumbang," katanya.

2. DLH Gowa telah memangkas pohon rawan tumbang

Sejumlah Pohon di Kabupaten Gowa Tumbang akibat Angin KencangEvakuasi pohon tumbang di Jalan Poros Macanda Kabupaten Gowa Sulsel, Sabtu (19/12/2020). DLH Gowa

Pembersihan pohon tumbang ini juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Pemerintah Kecamatan, Polsek, Koramil, Babinsa, Babinkamtibmas dan masyarakat sekitar.

Sebagai antisipasi pohon tumbang, Azhari mengaku Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Lingkungan Hidup sebelumnya telah melakukan pemangkasan pohon rawan tumbang dan menggantinya dengan pohon yang lebih kuat.

Baca Juga: Waspadai Hujan Lebat di Makassar Tiga Hari ke Depan

3. Bupati minta masyarakat tidak buang sampah sembarangan

Sejumlah Pohon di Kabupaten Gowa Tumbang akibat Angin KencangEvakuasi pohon tumbang di depan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Sulsel, Sabtu (19/12/2020). DLH Gowa

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, juga mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca saat ini. Apalagi sesuai dengan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait gelombang La Nina yang akan terjadi di wilayah Indonesia.

"Mohon juga untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat yang mengakibatkan saluran tersumbat, Pemda Gowa akan berupaya melakukan penanganan. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin," ucapnya.

Baca Juga: Hujan Lebat di Makassar, Sejumlah Wilayah Tergenang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya