Ragam Pakaian Adat Nusantara di Parade Budaya Makassar

Dalam rangka memperingati Hari Kebudayaan ke-4 di Makassar

Makassar, IDN Times - Parade budaya menjadi salah satu event peringatan Hari Kebudayaan Kota Makassar yang keempat kalinya sejak tahun 2018. Parade budaya berlangsung di depan Museum Kota Makassar, Jumat (1/4/2022).

Event ini menampilkan ragam pakaian adat Nusantara yang dikenakan oleh orang-orang yang datang hingga diperagakan oleh para model. Pakaian adat dinilai sebagai simbol kebudayaan yang paling mudah dikenali.

"Jadi Hari Kebudayaan luar biasa sekali.  Saya terima kasih kepada teman-teman semua yang selalu menjaga budaya," kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, Jumat.

Baca Juga: Jam Kerja ASN Pemkot Makassar Berkurang selama Ramadan

1. Parade budaya menampilkan kesenian

Ragam Pakaian Adat Nusantara di Parade Budaya MakassarParade budaya di depan Museum Kota Makassar, Jumat (1/4/2022). IDN Times/Istimewa

Parade budaya dimulai pukul 07.30 WITA. Parade berlangsung di sepanjang ruas Jalan Balaikota. Sebanyak 200 peserta yang terdiri dari paguyuban etnis serta sanggar-sanggar seni binaan Dinas Kebudayaan Kota Makassar turut memeriahkan parade budaya tersebut.

Tak hanya pakaian adat khas Sulawesi Selatan seperti para peserta parade juga menampilkan pakaian adat dari suku bangsa di Indonesia. Dalam parade ini, masing-masing kelompok peserta mempertunjukan atraksi di depan panggung utama dengan durasi selama 5 menit.

Selain ragam pakaian adat, parade budaya ini juga menampilkan berbagai kesenian seperti tari-tarian. Salah satu tarian yang ditampilkan adalah gandrang Bulo yakni tarian tradisional Makassar yang diiringi tabuhan gendang dan bambu.

2. Tidak semeriah sebelum pandemik

Ragam Pakaian Adat Nusantara di Parade Budaya MakassarParade budaya di depan Museum Kota Makassar, Jumat (1/4/2022). IDN Times/Istimewa

Pelaksanaan Hari Kebudayaan ini termasuk sederhana dan tidak semeriah di awal pencanangannya pada 2018. Hal tersebut mengingat kondisi yang masih pandemik COVID-19.

Di tahun 2020, Hari Kebudayaan sempat dilaksanakan secara sederhana dengan mengikuti protokol kesehatan. Dk tahun berikutnya, peringatan Hari Kebudayaan dilaksanakan bersamaan dengan perayaan HUT ke-414 Kota Makassar pada 9 November 2021.

"Belum maksimal karena kita tetap masih (PPKM) level 3 sehingga kita harus menjaga paling tidak tradisi Hari Kebudayaan ini sudah menjadi tradisi kita. Insyaallah tahun depan kalau semua umur panjang semua sehat kita akan bikin yang jauh lebih baik," kata Danny.

3. Ada kegiatan budaya sepanjang bulan April

Ragam Pakaian Adat Nusantara di Parade Budaya MakassarParade budaya di depan Museum Kota Makassar, Jumat (1/4/2022). IDN Times/Istimewa

Selain upacara peringatan Hari Kebudayaan dan parade budaya, ada juga rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama sebulan penuh di bulan April. Bulan ini disebut sebagai bulan budaya oleh Pemerintah Kota Makassar.

Pada 8 April, acara bertajuk malam budaya akan dilaksanakan selepas ibadah Salat Tarawih. Malam budaya ini akan menampilkan drama musikal mengenai pahlawan terkenal Syech Yusuf bertajuk Sang Mujahid.

Pada 2 dan 8 April sore, akan ada ritual tradisi budaya berupa sura macam serta barzanji mengenai pembacaan riwayat Syech Yusuf.

Baca Juga: 2500 Polisi Jaga Makassar selama Ramadan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya