Proyek Stadion Mattoanging Dianggarkan Rp60 Miliar di 2023

Stadion Mattoanging masih terbelit masalah perdata

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Stadion Mattoanging di Kota Makassar pada 2023. Pemprov mengalokasikan sebesar Rp60 miliar untuk stadion tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulsel, Amson Padolo, Kamis (1/12/2022), menyusul banyaknya informasi bahwa stadion tersebut dianggarkan Rp200 miliar.

“Kami sudah komunikasi dengan BKAD, dan Dispora Sulsel itu Rp60 miliar,” kata Amson di Makassar.

1. Bakal dilelang dini

Proyek Stadion Mattoanging Dianggarkan Rp60 Miliar di 2023Desain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Anggaran Stadion Mattoanging dimasukkan dalam APBD 2023 yang rencananya akan disahkan akhir tahun ini. Menurut informasi, Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel akan lelang dini proyek Stadion Mattoanging jika semua persoalan perdata selesai sehingga bisa dibangun di awal tahun.

Untuk tahap awal, pembangunan ulang Stadion Mattoanging dianggarkan Rp66 miliar lewat APBD 2022. Hanya saja, hingga penghujung tahun 2022, proyek tersebut tidak terealisasi.

2. Dua kali gagal tender dan terbelit masalah perdata

Proyek Stadion Mattoanging Dianggarkan Rp60 Miliar di 2023Desain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Tidak terealisasinya pembangunan Stadion Mattoanging karena proyek tersebut sempat dua kali gagal tender. Pasalnya, tidak ada perusahaan yang dinyatakan memenuhi syarat lelang berdasarkan ketentuan oleh OPD Teknis dan rekomendasi dari PA/PKA.

Selain itu, masih ada persoalan perdata yang menyelimuti Stadion Mattoanging. Gugatan perdata diajukan oleh beberapa pihak kepada Pemprov Sulsel di Pengadilan Negeri. Dengan demikian, rencana tender ketiga juga tak berjalan mulus.

Baca Juga: Proyek Stadion Mattoanging Batal Dikerjakan Tahun Ini

3. Pemprov janji selesaikan Mattoanging

Proyek Stadion Mattoanging Dianggarkan Rp60 Miliar di 2023Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Pada rapat paripurna peringatan HUT ke-353 Sulsel, 19 November 2022 lalu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyatakan pihaknya terus berupaya menyelesaikan proyek Stadion Mattoanging.

Sudirman mengaku sebenarnya memiliki kesempatan untuk menunjuk langsung kontraktor yang siap mengerjakan fisik stadion tersebut. Hanya saja dia enggan menempuh cara itu karena tak mau terkesan mengintervensi.

"Itu nilainya besar, Rp66 miliar. Saya memiliki kesempatan untuk menunjuk pekerjanya, saya tidak lakukan. Karena saya tidak melaksanakan intervensi terhadap pekerjaan infrastruktur," katanya.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Ilhamsyah Mattalatta Ungkap Masalah Mattoanging: Beringas!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya