Proyek Jalan Tol Mamminasata di Sulsel Dicoret dari PSN

Pemprov Sulsel tetap optimistis proyek tersebut dilanjutkan

Makassar, IDN Times - Pemerintah pusat mencoret 8 proyek dari daftar Proyek Strategi Nasional (PSN). Satu di antara 8 proyek tersebut rupanya adalah proyek jalan tol Mamminasata di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Belum akan selesai/akan mulai tahun 2024," kata Kepala Balai Pengelola Jalan Tol (BPJT) Danang Parakesit singkat saat dikonfirmasi, Kamis (4/8/2022).

Selain tol Mamminasata, proyek lain yang dihapus dari PSN adalah Bendungan Tiro di Aceh, KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan, Inland Waterways Cikarang-Bekasi Laut (CBL), Bandara Bali Utara, Kereta Api Puruk Cahu-Batanjung melalui Bangkuang di Kalimantan Timur. Kemudian, Jalan Tol Semarang Harbour di Jawa Tengah dan Jalan Tol Samarinda-Bontang di Kalimantan Timur.

1. Pemprov Sulsel maklum

Proyek Jalan Tol Mamminasata di Sulsel Dicoret dari PSNIlustrasi/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Tol Mamminasata rencananya akan menghubungkan empat kabupaten dan kota di Sulsel yaitu Makassar, Maros, Gowa dan Takalar. Namun dicoretnya proyek itu dari daftar PSN, tentu membuatnya tak bisa direalisasikan dalam waktu dekat. 

Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan dan Penelitian (Bappedalitbangda) Sulsel, Andi Darmawan Bintang memahami dikeluarkannya proyek Tol Mamminasata dari daftar PSN. Menurutnya, pemerintah pasti memiliki pertimbangan matang sebelum menghapus proyek itu.

"Mungkin saja ini tidak bisa dilaksanakan dalam jangka waktu sampai 2024, tentu kan ada pertimbangan teknis, pembiayaan. Kalau dalam pandangan pemerintah pusat ini dikeluarkan tentu kita maklum sebab dari pertimbangan pemerintah pusat belum memungkinkan untuk dilaksanakan," kata Darmawan.

2. Tol Mamminasata tetap diharapkan terwujud

Proyek Jalan Tol Mamminasata di Sulsel Dicoret dari PSNANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Meski harus dikeluarkan, namun Darmawan tetap berharap proyek itu akan mendapat prioritas dari pemerintah di lain waktu. Sebab jika terealisasi, jalan tol itu akan memberikan pengaruh pada pertumbuhan ekonomi khususnya di kawasan Mamminasata.

Dia pun berharap proyek ini tidak dihapus selamanya dan suatu saat akan dilanjutkan lagi sebagaimana proyek SPAM Mamminasata yang dulu juga pernah dihapus dari PSN.

"Tapi tentu kita tetap menyiapkan bahan yang mungkin berkaitan dengan pembangunan jalan tol itu. Kita tidak berhenti. Begitu juga kan SPAM Mamminasata," katanya.

Baca Juga: Dokumen Belum Lengkap, Proyek Tol Mamminasata Tak Masuk Tender 2019

3. Daftar PSN di Sulsel

Proyek Jalan Tol Mamminasata di Sulsel Dicoret dari PSNRel kereta api Makassar-Parepare di Kabupaten Barru. Humas Pemprov Sulsel

Dengan dihapuskannya tol Mamminasata, maka porsi PSN yang ada di Sulsel sebanyak 9 proyek yakni, Kereta Api Makassar-Parepare, Makassar New Port, Kawasan Industri Takalar, dan Kawasan Industri Bantaeng. 

Di sektor pengairan, ada Jaringan Irigasi dari Bendung Baliase dan Bendungan Pamukkulu. Kemudian Bendungan Karalloe dan Bendungan Passelorang yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tahun 2021 lalu.

Dicoretnya proyek di Sulsel dari daftar PSN sebenarnya bukan hal baru. Di tahun 2020 lalu, pemerintah pusat juga pernah mengeluarkan 4 proyek di Sulsel dari daftar PSN yang kemudian digantikan dengan 3 proyek lain.

Baca Juga: Sempat Mangkrak, SPAM Mamminasata Bakal Dibangun Tahun Ini

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya