Pemprov Sulsel Tawarkan Undian Hadiah Mobil agar Warga Ikut Vaksinasi

Pemprov kejar target 70 persen hingga akhir Desember 2021

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus mengebut vaksinasi di wilayahnya. Berbagai cara dilakukan untuk menarik minat warga supaya mau divaksinasi, salah satunya dengan menyiapkan undian berhadiah mobil.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Arman Bausat, mengatakan Pemprov Sulsel menyediakan ratusan hadiah. Ada juga hadiah grand prize berupa 1 unit mobil.

“Kita ada surprise di Gebyar Vaksinasi COVID-19 Sulsel Berhadiah. Satu unit mobil, 30 motor, 300 sepeda dan 300 handphone," kata Arman dalam keterangannya, Selasa (21/12/2021).

1. Hanya berlaku bagi warga yang vaksinasi pada 15-30 Desember 2021

Pemprov Sulsel Tawarkan Undian Hadiah Mobil agar Warga Ikut VaksinasiIlustrasi petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 saat kegiatan vaksinasi massal (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Arman mengatakan hadiah tersebut hanya berlaku bagi warga yang divaksinasi mulai tanggal 15 sampai 30 Desember 2021. Nantinya Presiden Joko Widodo sendiri yang akan mengundi hadiah karena dalam waktu dekat ini dijadwalkan berkunjung ke Sulsel.

“Tanggal 28 Desember itu undian grandprizenya satu unit mobil saat Presiden berkunjung ke Sulsel,” katanya.

Arman menyebutkan, hal ini akan membantu percepatan pendistribusian vaksinasi kepada warga.

“Ini dalam upaya percepatan vaksinasi dan ditujukan untuk masyarakat agar berbondong-bondong untuk vaksinasi. Makanya setiap daerah juga kita berikan hadiah di pengundian periode 29-30 Desember nanti,” jelasnya.

2. Pengundian dilaksanakan tiga tahap

Pemprov Sulsel Tawarkan Undian Hadiah Mobil agar Warga Ikut Vaksinasiilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Adapun, pengundian dilaksanakan dalam 3 tahap. Pengundian pertama ada 28 Desember 2021 untuk pemenang se-Sulawesi-Selatan berupa 1 unit grand prize mobil, 6 unit sepeda motor, 60 unit sepeda dan 60 unit handphone. 

Pengundian kedua pada 29 Desember 2021 bagi 12 kabupaten/kota yaitu Selayar, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa, Sinjai, Maros, Pangkep, Barru, Bone, Soppeng. Hadiahnya berupa 12 motor untuk 1 pemenang masing-masing 12 kabupaten/kota, 120 unit sepeda untuk 10 orang pemenang masing-masing kabupaten/kota, dan 120 unit handphone untuk 10 pemenang masing-masing kabupaten kota.

Pengundian ketiga pada 30 Desember 2021 bagi 12 kabupaten/kota lainnya, yaitu Wajo, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, Makassar, Parepare dan Palopo.

Hadiah sebanyak 12 motor untuk 1 pemenang masing-masing 12 kabupaten/kota, 120 unit sepeda untuk 10 orang pemenang masing-masing kabupaten/kota, 120 unit handphone untuk 10 pemenang masing-masing kabupaten/kota.

Nomor undian didapatkan dari Nomor Induk Kependudukan (NIP) yang digunakan untuk mendaftar vaksinasi dan aplikasi PeduliLindungi. Pemenang wajib menunjukkan Sertifikat Vaksinasi sebagai bukti. Hadiah akan dikirim ke wilayah masing-masing.

Baca Juga: Sulsel Belum Bisa Vaksinasi Anak Usia 6-17 Tahun

3. Pemprov kejar target vaksinasi 70 persen

Pemprov Sulsel Tawarkan Undian Hadiah Mobil agar Warga Ikut Vaksinasiilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Berdasarkan data Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) hingga 20 Desember 2021, capaian vaksinasi di Sulsel untuk dosis pertama telah mencapai 60,55 persen atau sebanyak 4.273.651 orang dari target 7.058.141 sasaran. Pemprov Sulsel menargetkan capaian vaksinasi hingga 70 persen pada akhir Desember 2021. 

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pun meminta agar masyarakat mengajak warga lain yang masih belum divaksinasi. Hal itu disampaikannya saat meninjau kegiatan vaksinasi di Lapangan Citra Mas Alun-alun Kota Pangkep, Selasa, (21/12/2021).

“Kita harus terus genjot capaian 70 persen sebagaimana instruksi Bapak Presiden. Termasuk inovasi agar warga bisa berbondong-bondong divaksin,” kata Sudirman.

Baca Juga: Ancaman Mendagri Jadi Motivasi Kejar Vaksinasi di Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya