Pemkot Makassar Tunggu Juknis soal Makan Bergizi Gratis

Belum ada uji coba di sekolah

Intinya Sih...

  • Program Makan Bergizi Gratis Presiden terpilih Prabowo Subianto akan segera diimplementasikan, beberapa sekolah sudah uji coba.
  • Di Kota Makassar belum ada sekolah yang melaksanakan uji coba program tersebut menunggu petunjuk teknis implementasinya.
  • Wali murid dan orang tua siswa menyambut baik program tersebut, namun masih mempertanyakan kualitas dan sistemnya.

Makassar, IDN Times - Program Makan Bergizi Gratis yang digagas Presiden terpilih Prabowo Subianto bakal segera diimplementasikan. Beberapa sekolah di Indonesia bahkan sudah mulai uji coba meski program ini baru dimulai setelah Prabowo dilantik secara resmi.

Di Kota Makassar sendiri, belum ada sekolah yang melaksanakan uji coba atau simulasi program tersebut. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kotw Makassar, Muhyiddin.

"Kita belum. Ini kan masih pembahasan di DPR seperti apa mekanismenya. Kita belum ada (program) Makanan Bergizi Gratis," kata Muhyiddin kepada IDN Times, Minggu (23/6/2024).

1. Pemkot tunggu petunjuk teknis dari pusat

Pemkot Makassar Tunggu Juknis soal Makan Bergizi Gratisilustrasi para siswa Sekolah Dasar (SD) (unsplash.com/Syahrul Alamsyah Wahid)

Program Makan Bergizi Gratis, kata Muhyiddin, merupakan program presiden terpilih. Karena itu, pihaknya hanya menunggu petunjuk teknis terkait bagaimana nanti implementasinya.

Dia mengaku belum bisa berbicara banyak lantaran belum ada pembahasan lebih lanjut mengenai program tersebut. Bisa saja, program ini nantinya melibatkan dinas lain selain Dinas Pendidikan dan juga penganggarannya.

"Kita menunggu teknisnya aturannya seperti apa dari pusat. Tentu kan ada petunjuk teknisnya seperti apa,"kata Muhyiddin.

2. Sekolah harus pastikan makanan anak bergizi

Pemkot Makassar Tunggu Juknis soal Makan Bergizi GratisIDN Times

Sementara itu, Siska, seorang wali murid di SD Inpres Banta-bantaeng 1 Makassar, mengaku senang jika memang program Makan Bergizi Gratis terealisasi. Hanya saja, banyak hal yang masih dipertanyakan mengenai program ini.

Dia berharap program tersebut tidak hanya menjadi angan-angan. Pasalnya, program tersebut pada dasarnya sudah bagus.

"Bagus sih cuma kan perlu juga dilihat, apakah makanannya bergizi atau tidak. Terus apakah makan siang gratis ini, sistemnya bagaimana apakah setiap hari dapat atau tidak," katanya.

Baca Juga: Memprihatinkan! Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Makassar Meningkat

3. Orang tua tak perlu khawatir anak jajan sembarangan

Pemkot Makassar Tunggu Juknis soal Makan Bergizi GratisInin Nastain IDN Times/ Jajan kue manis

Rini, orang tua siswa di SD Inpres Tamamaung 1, juga menyatakan senang jika program Makan Bergizi Gratis itu terlaksana. Hal ini karena sekolah telah menyiapkan makan siang yang sehat untuk anak-anak.

Dengan demikian, orang tua tidak perlu lagi khawatir anak akan jajan sembarangan. Hanya saja, sekolah harus benar-benar memastikan makanan tersebut bergizi untuk anak.

"Saya sih senang ya karena bagus juga kalau anak di sekolah dikasih makan bergizi. Kita juga orang tua tidak khawatir anak jajan sembarangan," katanya.

Baca Juga: Jemaah Haji Debarkasi Makassar Mulai Dipulangkan Hari Ini

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya