Pemkot Makassar Target Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021

Pemkot dorong percepatan vaksinasi untuk guru

Makassar, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 terhadap tenaga pendidik atau guru di Kota Makassar mulai dilaksanakan. Sekitar 500 guru pada Kamis 18 Maret 2021, ikut serta dalam vaksinasi massal yang dilaksanakan di Hotel Dalton.

Pemerintah Kota Makassar menargetkan proses vaksinasi guru dapat selesai sebelum bulan Juli. Pasalnya, Pemkot berencana membuka kembali sekolah tatap muka pada Juli 2021 mendatang.

"Saya target (vaksinasi) guru total dalam satu bulan ini, yang kemudian guru itu kita persiapkan untuk pembukaan sekolah," kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, Jumat (19/3/2021).

1. Sekolah tatap muka dilaksanakan jika semua guru telah divaksinasi

Pemkot Makassar Target Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi massal untuk guru di Hotel Dalton Makassar, Kamis (18/3/2021). YouTube/Sekretariat Presiden

Danny menuturkan, rencana pembukaan sekolah tatap muka itu berdasarkan instruksi dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Saat meninjau vaksinasi massal bertajuk Festival Smart Vaksinasi itu, Presiden memberikan perintah kepada Danny untuk membuka sekolah tatap muka pada Juli 2021.

Tapi pembukaan sekolah tatap muka harus dilaksanakan ketika semua guru telah menjalani vaksinasi. Meski begitu, Danny mengaku siap menjalankan instruksi dari Jokowi dengan mempercepat vaksinasi bagi guru.

"Saya disampaikan Juli. Tapi insyaallah kami akan siap lebih cepat dari itu. Saya langsung itu biar guru saya selesaikan," jelasnya.

2. Vaksinasi difokuskan bagi guru

Pemkot Makassar Target Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021Ilustrasi vaksinasi COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Danny mengatakan ada sekitar 8.000 guru yang di Kota Makassar. Dia optimistis vaksinasi untuk semua guru itu bisa rampung dalam waktu singkat. Bahkan, kata dia, vaksinasi bisa dilaksanakan untuk 4.000 orang dalam sehari jika tidak ada halangan.

"Tapi saya tidak janji satu hari, karena biasanya ada yang hamil, tekanan darah. Tapi saya target minggu ini saya mulai guru dulu," kata Danny.

Baca Juga: IDI Makassar Tolak Rencana Sekolah Tatap Muka di Sulsel

3. Danny sarankan vaksinasi untuk guru-guru SMA

Pemkot Makassar Target Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny mengatakan telah meminta izin kepada Plt Gubernur Sulsel untuk melaksanakan vaksinasi bagi guru. Bahkan dia juga menyarankan supaya vaksinasi juga berjalan untuk guru SMA.

Guru-guru yang berasal di bawah naungan Pemkot Makassar hanyalah guru SD dan SMP saja. Sementara guru SMA berada di bawah naungan Pemprov.

"Saya atur sesegera mungkin. Seluruh guru saya sudah minta izin juga Plt Gub. Kenapa tidak sekalian kasih masuk guru SMA supaya sekalian. Tapi otoritasnya bapak Plt, kalau berkenaan saya kasih masuk itu di Makassar," kata Danny.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka di Sulsel Dimulai setelah Seluruh Guru Divaksinasi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya