Comscore Tracker

Pemkot Makassar Revitalisasi Losari dan Karebosi Tahun Ini

Sejumlah proyek infrastruktur direncakan di tahun 2022

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar akan mengerjakan sejumlah proyek infrastruktur di tahun 2022 . Hal itu merupakan bagian dari program Restorasi Kota yang dipaparkan Wali Kota Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto saat refleksi akhir tahun 2021 lalu.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Helmy Budiman, menyebutkan ada beberapa proyek yang masuk dalam perencanaan Restorasi Kota. Di antaranya adalah revitalisasi Lapangan Karebosi dan pusat kuliner Kanrerong, pembangunan sirkuit balap dan kawasan olahraga di wilayah Untia, hingga revitalisasi kawasan Anjungan Pantai Losari.

"Untuk anjungan pantai Losari kita akan rehabilitasi total. Karebosi akan dirombak, ada beberapa kantong ekonomi baru. Akan ada beberapa kanrerong yang baru kita akan bangun. Pusat-pusat masyarakat yang baru seperti di Untia akan ada sirkuit dan GOR," kata Helmy, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Dishub Makassar Klaim Rutin Uji Kelayakan Mobil Angkot Petepete

1. Fasilitas Lapangan bakal Karebosi dibenahi

Pemkot Makassar Revitalisasi Losari dan Karebosi Tahun IniKondisi Lapangan Karebosi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Untuk Lapangan Karebosi, Pemkot akan menambah fasilitas olahraga yang lebih memadai dan fasilitas yang rusak akan diperbaiki. Lapangan juga akan dibuatkan rumput sintetis.

Dari tiga lapangan yang ada, satu lapangan bakal dipasangi rumput sintetis, sementara dua lapangan lainnya masing-masing akan dibagi tiga sehingga menghasilkan enam lapangan kecil yang menggunakan rumput yang berkualitas bagus. 

Area lintasan lari (jogging track) juga akan diperbarui. Area itu nantinya bakal dipasangi shuttle ban agar orang-orang dapat berlari dengan baik dan tidak lagi berlari di atas lintasan beton.

Bagian tribun lapangan akan difungsikan sebagai pusat pelatihan olahraga bela diri seperti kempo, karate, judo, dan pencak silat. Sementara untuk kawasan kuliner Kanrerong, rencananya bakal dibuat menjadi bangunan row yang membujur.

2. Pantai Losari bakal ditambah wahana atraksi

Pemkot Makassar Revitalisasi Losari dan Karebosi Tahun IniANTARA FOTO/Arnas Padda

Kawasan Anjungan Pantai Losari, bakal disulap menjadi kawasan atraksi. Sejumlah wahana wisata baru bakal dibangun seperti kapal Pinisi dan Rumah Toraja. 

"Begitu Pinisi selesai, kita akan taruh di Anjungan Pantai Losari dan bisa menjadi daya tarik kepada wisatawan baik lokal maupun asing. Konsep rumah Toraja seperti Pinisi," kata Helmy.

Selain itu akan ada pula jalan layang yang diberi nama Japparate. Rencananya jembatan akan dibangun dari Benteng Rotterdam hingga Mal Phinisi Points.

Untuk revitalisasi Pantai Losari ini, Pemkot Makassar menganggarkan sebesar Rp40miliar. Hal itu termasuk pembangunan fisik dan pembangunan wahana.

3. Sport Center dan sirkuit balap bakal dibangun di Untia

Pemkot Makassar Revitalisasi Losari dan Karebosi Tahun IniIlustrasi sirkuit balap. IDN Times/Dwi Agustiar

Untuk sirkuit balap, Pemkot Makassar akan membangunnya bersama dengan kawasan Sport Center di Untia. Sport Center akan dibangun dalam bentuk gelanggang olahraga bertajuk Makassar Corp City Arena (Macca) dan sirkuit bertaraf internasional. 

Gedung olahraga nantinya tak hanya dimanfaatkan untuk olahraga saja, melainkan akan dirancang untuk keperluan multifungsi. Tak hanya sebagai pusat olahraga, tempat ini juga akan dirancang untuk berguna sebagai posko pengungsian darurat jika terjadi bencana.

4. Pemkot anggarkan Rp1,4 triliun

Pemkot Makassar Revitalisasi Losari dan Karebosi Tahun IniIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat

Untuk program Restorasi Kota secara keseluruhan, Pemkot Makassar menganggarkan sekitar Rp1,4 triliun. Anggaran jni sudah mencakup semua rencana pembangunan infrastruktur baru.

"Mudah-mudahan PAD kita bisa signifikan lompatannya sehingga apa yang kita rencanakan bisa kita realisasikan 2022," kata Helmy.

Baca Juga: BMKG Peringatkan Potensi Hujan Sangat Lebat di Sulsel

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya