Pemkot Makassar Bakal Gelar Pasar Murah di Kontainer Makassar Recover

Pasar murah Makassar untuk menangani inflasi

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar bakal menggelar pasar murah sebagai upaya dalam mengendalikan inflasi. Kegiatan ini dalam rangka menjaga ketersediaan stok pasokan.

Pasar murah akan dipusatkan di kontainer Makassar Recover yang tersebar di setiap kelurahan. Berbagai bahan pokok seperti cabai dan bawang hasil budidaya masyarakat di lorong wisata akan tersedia di kontainer yang diberi nama Tokomoditi atau Toko Kelurahan.

"Operasi pasar murah di kontainer, muncul lagi ide baru dengan Tokomoditi bikin titik koordinat sendiri. Jadi bukan hanya menekan inflasi tapi menjaga inflasi," kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto yang ditemui usai rapat inflasi di Balai Kota Makassar, Rabu (1/2/2023).

1. Memberdayakan produksi masyarakat lorong wisata

Pemkot Makassar Bakal Gelar Pasar Murah di Kontainer Makassar RecoverWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi salah satu lorong wisata di Makassar, Minggu (9/10/2022). Dok. Humas Pemkot Makassar

Melalui kegiatan pasar murah, masyarakat diharapkan mendapatkan barang kebutuhan di bawah harga pasar. Upaya ini juga sekaligus memberdayakan hasil produksi masyarakat di lorong wisata.

"Jadi nanti masuk di Tokomoditi itu, masuk semua di situ. Nah ini juga artinya sudah disiapkan hilirisasi lorong wisata-nya," kata Danny Pomanto.

Danny meminta setiap OPD untuk menjalin kerja sama antar daerah agar stok tetap terjaga. Dia juga meminta setiap lurah agar masing-masing kontainer memiliki koordinator untuk operasi pasar murah.

2. Menyediakan bahan pokok

Pemkot Makassar Bakal Gelar Pasar Murah di Kontainer Makassar RecoverIlustrasi bahan pangan pokok. (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Arlin Ariesta, menjelaskan Tokomoditi merupakan wirausaha kelurahan yang bekerja sama dengan Bulog dan distributor bahan pokok untuk menyalurkan dan menjual bahan pokok dengan harga standar pemerintah. Selain itu, juga sebagai pusat penjualan komoditi terutama hasil gerakan menanam di Lorong Wisata. 

Ada beberapa bahan pokok yang telah dikoordinasikan yaitu beras, gula pasir, dan minyak goreng yang mengalami kenaikan harga dan keterbatasan stok.

Arlin menegaskan langkah ini bukan berarti mengganggu pasar sebab yang disalurkan merupakan bahan pokok tertentu dan bahan pokok yang ditetapkan harganya oleh pemerintah. 

"Diharapkan pula ini terus berlanjut, pengelola Tokomoditi ini didorong terus dalam berwirausaha melalui Dinas Koperasi dan UKM agar mereka mandiri. Berkembang sebagai kelompok wirausaha bersama," katanya.

Baca Juga: PD Pasar Raya Makassar akan Ambil Alih Pengelolaan Pasar Butung

3. Menekan inflasi dengan pasar murah dan operasi pasar

Pemkot Makassar Bakal Gelar Pasar Murah di Kontainer Makassar RecoverBahan pangan pokok di Pasar Terong Makassar, Jumat (9/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Arlin menyebutkan dua upaya untuk pengendalian inflasi, yakni operasi pasar dan pasar murah. Kemudian, menyiapkan kelompok usaha di kelurahan sebagai saluran distribusi komoditas bahan pokok berbasis kelurahan yang dalam hal ini adalah Tokomoditi.

Pasar murah dan operasi pasar, kata Arlin, untuk memperhatikan tren fluktuasi harga bahan pokok yang mengalami kenaikan secara signifikan. Karena itu, pihaknya mengintervensi penyaluran distribusi melalui posko Makassar Recover.

"Pasar murah itu dilakukan untuk mendorong daya beli masyarakat khususnya yang berpenghasilan rendah untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga murah. Sedangkan operasi pasar untuk intervensi harga naik dan ketersediaan pasokan," ucapnya.

Baca Juga: KPPU: Minyak Kemasan di Makassar Dijual seperti Minyak Goreng Curah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya