Comscore Tracker

Pemenang Tender Proyek PSEL Makassar Diumumkan April 2023

Sebanyak 36 perusahaan telah mendaftar

Makassar, IDN Times - Tender proyek Pengelolaan Sampah Berbasis Energi Listrik (PSEL) terus berprogres. Rencananya, perusahaan pemenang tender proyek tersebut akan diumumkan April 2023 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady, mengatakan jika tak ada hambatan, maka penetapan pemenang tender sudah bisa dilihat pada April 2023 mendatang. 

"Kalau tidak ada halangan, di bulan April 2023, kami sudah punya calon investor yang terpilih," kata Puspa, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: 36 Perusahaan Daftar Tender Proyek Sampah Jadi Listrik di Makassar

1. Sebanyak 36 perusahaan telah mendaftar

Pemenang Tender Proyek PSEL Makassar Diumumkan April 2023Kepala Dinas LIngkungan Hidup Makassar Aryati Puspasari (IDN Times / Aan Pranata)

Saat ini, proses tender PSEL telah memasuki tahapan pra kualifikasi. Sebanyak 36 calon investor yang telah mendaftar, bakal dievaluasi kelengkapan dokumennya.

Dari 36 perusahaan calon investor tersebut, sebanyak 12 perusahaan adalah perusahaan asing, 7 perusahaan modal asing, dan ada 17 perusahaan modal dalam negeri atau PMDN.

"Panitia sementara dalam tahap menunggu kelengkapan dokumen yang dimasukkan oleh 36 calon investor ini. Panitia menunggu sampai 23 November yang akan datang," katanya.

2. Calon investor harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat

Pemenang Tender Proyek PSEL Makassar Diumumkan April 2023Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di TPA Putri Cempo Surakarta, Jawa Tengah. (dok. PLN UID Jateng dan DIY)

Setelah penetapan pemenang ini, masih ada tahapan bagi investor yakni feasibility study atau study kelayakan. Setelah itu, masih ada proses koordinasi dengan pemerintah pusat terkait kerja sama dan jaminan pembelian listrik bersama PLN, termasuk tipping fee.

Adapun kebutuhan Biaya Layanan Pengelolaan Sampah (BLPS), kata Puspa, juga akan ditinjau. Pemkot diketahui telah mengalokasikan anggaran tersendiri yang besarannya mencapai Rp96,4 milliar per tahun.

"Ketika investor mengajukan, akan kelihatan berapa yang harus ditutup oleh pemerintah pusat karena ini kombinasi juga dengan pusat," jelasnya.

3. Sejumlah syarat yang harus dipenuhi calon investor

Pemenang Tender Proyek PSEL Makassar Diumumkan April 2023TPA Tamangapa, Antang, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Pengerjaan fisik proyek tersebut bergantung pada pengurusan kelengkapan dokumen dari pemenang tender. Pasalnya, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, seperti dokumen perizinan, AMDAL, pembicaraan dengan PLN, termasuk hasil feasibility study.

"Pemerintah pusat dan daerah memang harus berikan kemudahan. Karena itu proyek strategis nasional," kata Puspa.

Puspa juga menyebutkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh para calon investor yang telah tercantum dalam kerangka acuan kerja (KAK). Di antaranya, perusahaan memiliki kesanggupan keuangan, memiliki teknologi terbaru yang ramah lingkungan, dan sudah pernah mengelola satu proyek PSEL atau semacamnya, baik di Indonesia maupun luar negeri.

"Memang yang serius, yang punya modal, dan punya kemampuan teknologi dan pengalaman karena ini proyek kisarannya nilainya di angka Rp3,5 triliun," katanya.

Baca Juga: Ininnawa, Dokumenter Garapan Sineas Makassar Menang Piala Citra

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya