Pembelajaran Tatap Muka di Sulsel Tergantung Kesiapan Sekolah

Persetujuan orangtua juga jadi pertimbangan

Makassar, IDN Times - Sudah tujuh bulan lebih pandemik COVID-19 menyerang Indonesia. Selama itu pula proses kegiatan pembelajaran di Indonesia, termasuk Sulawesi Selatan, dilaksanakan secara daring. 

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa pelaksanaan pendidikan tatap muka di wilayahnya tergantung dari kesiapan sekolah yang bersangkutan dan persetujuan orangtua.

"Kepala sekolah mengusulkan ke Dinas Pendidikan. Nanti Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan turun melihat protokol COVID-19 dalam rangka dibukanya tatap muka," kata Nurdin di Kantor Gubernur, Selasa (10/11/2020).

1. Sekolah harus pastikan implementasi protokol kesehatan

Pembelajaran Tatap Muka di Sulsel Tergantung Kesiapan SekolahIlustrasi Sekolah (IDN Times/Galih Persiana)

Nurdin menegaskan bahwa sekolah yang hendak membuka kembali aktivitas belajar tatap muka harus benar-benar memastikan protokol COVID-19 dijalankan dengan baik. Jika sekolah bisa meyakinkan pemprov soal protokol kesehatan itu, jelas Nurdin, maka akan diizinkan.  

"Tapi jangan tunggu dari kita untuk meminta sekolah dibuka. Itu kesiapan sekolah masing-masing, termasuk persetujuan orangtua. Artinya, orangtua juga ikut mengawasi anaknya pergi sekolah pulang dia tidak ke mana-mana," jelasnya.

2. Baru dua kabupaten yang buka sekolah

Pembelajaran Tatap Muka di Sulsel Tergantung Kesiapan SekolahIlustrasi aktivitas di sekolah. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Nurdin menyebutkan sudah ada beberapa sekolah yang mulai memberlakukan pembelajaran tatap muka, seperti di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Karenanya, daerah lain yang ingin membuka sekolahnya diminta tidak dipersulit, apalagi jika telah memenuhi syarat.
 
"Kalau kepala sekolahnya semua sudah menyiapkan protokol kesehatan dengan ketat, ada tempat cuci tangan, wajib pakai masker, di sekolah juga diatur jarak mungkin kapasitas 50 persen dulu. Kan bisa diatur seperti itu," kata Nurdin.

Baca Juga: Siswa di Makassar Belajar Daring di Kuburan

3. Disdik imbau semua sekolah bersiap

Pembelajaran Tatap Muka di Sulsel Tergantung Kesiapan SekolahBelajar online. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri, tidak ingin gegabah dalam pembukaan kembali pembelajaran tatap muka. Koordinasi dengan Gubernur terus dilakukan. 

"Sampai sekarang masih pada posisi mengimbau sekolah mempersiapkan diri memasuki masa itu," sebut Jufri.

Namun tak menutup kemungkinan bahwa sekolah akan dibuka kembali. Karenanya dia meminta semua sekolah tetap bersiap walau belum ada kepastian menyeluruh soal pembukaan sekolah. 

"Kita belum tahu tapi tetap harus waspada, dan menunggu kebijakan terakhirnya. Sekolah-sekolah terus kami dorong mempersiapkan diri," katanya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Izinkan Sekolah Tatap Muka di Zona Hijau

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya