Comscore Tracker

Pembangunan Stadion Mattoanging di Makassar Tidak Berhenti

Pemprov Sulsel nyatakan tahapan pembangunan terus berjalan

Makassar, IDN Times - Kepastian soal kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging masih membuat publik harap-harap cemas. Namun, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan kelanjutan rehabilitasi stadion tersebut.

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Andi Darmawan Bintang, menegaskan pihaknya tetap melanjutkan pembangunan stadion itu sesuai rencana awal.

"Sebenarnya tidak berhenti, jalan semua. Sekarang dalam perkembangan itu. Tetap ada penganggaran dalam APBD berkaitan dengan manajemen konstruksi dan sebagainya," ucap Darmawan di Hotel Claro Makassar, Kamis (8/4/2021).

1. Diwarnai banyak dinamika

Pembangunan Stadion Mattoanging di Makassar Tidak BerhentiGubernur Sulsel Nurdin Abdullah memimpin langsung pembongkaran bangunan Stadion Mattoanging, Rabu (21/10/2020). Humas Pemprov Sulsel

Dinamika yang berkaitan dengan pembangunan Stadion Mattoanging, kata Darmawan, tetap akan diperhatikan. Perhatian itu soal sejauh mana posisi Pemprov Sulsel untuk mengakomodasi setiap aspirasi sambil memperhatikan ketentuan terkait pembangunan stadion.

Salah satu dinamikanya yakni Pemkot Makassar sempat berencana memindahkan lokasi stadion dari Jalan Cendrawasih ke Kelurahan Untia. Jika tetap ingin dilanjutkan di lokasi awal, maka pemkot meminta kapasitas stadion dikurangi.

Darmawan mengatakan, pembangunan stadion itu memang berada di wilayah administrasi Kota Makassar. Merekalah yang membuat aturan sehingga pemprov tak bisa serta merta melaksanakan pembangunan tanpa berkoordinasi dengan pemkot.

"Ada dinamika yang harus kita dengarkan karena itu berkaitan dengan normanya, dalam hal pembangunan fisik. Apapun bentuknya, (Pemerintah) Kota Makassar akan tetap kita dengarkan," imbuhnya.

2. Berbagai opsi masih bisa ditempuh

Pembangunan Stadion Mattoanging di Makassar Tidak BerhentiDED Stadion Mattoanging yang dibuat oleh PT Arkonin. IDN Times/Istimewa

Dinamika lainnya adalah adanya kabar bahwa desain Stadion Mattoanging berpotensi berubah. Menurut Darmawan, potensi ini tetap ada hanya saja tidak bisa dipastikan untuk saat ini. 

Darmawan hanya memastikan pembangunan Stadion Mattoanging tetap berlanjut terlepas dari berbagai dinamika yang menyelimutinya. Tapi berbagai kemungkinan masih bisa terjadi, termasuk perubahan desain.

"Kita belum tahu, ini kan lagi berjalan. Semua opsi bisa kita tempuh, di mana opsi itu akan menjadi bagian pertimbangan pemerintah provinsi. Kalau kita mengatakan didesain ulang, opsi itu ada. Mau dilanjutkan, opsi itu ada. Semua opsi kita dengarkan sampai sekarang," katanya.

Baca Juga: Danny Pomanto Menilai Pembangunan Stadion Mattoanging Salah Lokasi

3. Sekprov pastikan proyek tidak mangkrak

Pembangunan Stadion Mattoanging di Makassar Tidak BerhentiSekda Sulsel Abdul Hayat Gani saat rakor TPID di Hotel D'Maleo Makassar, Selasa (3/11/2020). Humas Pemprov Sulsel

Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani juga memastikan kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging. Karena Detail Engineering Design (DED) stadion juga sudah dianggarkan. 

"Tidak mungkin mangkrak karena masa ada DED, masa mau berhenti sampai situ. Nanti ada upaya-upaya kebijakan sentra prioritas juga tidak berhenti. Itu arahan dari Mendagri bukan saya, tertuang itu," katanya.

Saat ini, proyek rehabilitasi Stadion Mattoanging berada pada tahapan lelang Manajemen Konstruksi.

Baca Juga: Danny Mengaku Tidak Pernah Melarang Pembangunan Stadion Mattoanging

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya