Comscore Tracker

PD Parkir Makassar Siapkan Parkiran Khusus Sepeda di CFD

Pembukaan car free day menunggu instruksi pemerintah

Makassar, IDN Times - Aktivitas bersepeda jadi tren baru di masa pandemik COVID-19, tak terkecuali di kalangan warga Kota Makasssar, Sulawesi Selatan. Aktivitas itu digandrungi berbagai kalangan, namun sayang pertumbuhan minat sepeda tidak dibarengi dengan pertumbuhan lokasi parkir.

Humas Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya, Asrul mengatakan, pihaknya akan menyiapkan fasilitas parkiran khusus bagi pengguna sepeda. Pada tahap awal, parkiran di sediakan di area car free day. 

"Kalau kita lihat sekarang ini kan olahraga sepeda booming sekali. Makanya kita juga dari pemerintah kota dalam hal ini dari PD Parkir berupaya untuk memberikan service kepada pengendara sepeda," kata Asrul di Makassar, Jumat (7/8/2020).

Baca Juga: Mantap, Penjualan Sepeda Lipat Element Troy Masuk Rekor MURI  

1. Parkiran tanpa retribusi, tapi pemilik sepeda bisa memberi tip seikhlasnya

PD Parkir Makassar Siapkan Parkiran Khusus Sepeda di CFDIDN Times/Dwi Agustiar

Nantinya, parkiran akan dijaga oleh juru parkir dan akan dilengkapi dengan fasilitas gembok sepeda. Ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pesepeda. 

Asrul juga memastikan tidak akan memungut retribusi untuk fasilitas parkiran tersebut. Namun tidak juga melarang bagi pemilik sepeda untuk memberikan jasa kepada petugas parkir nantinya.

"Kita gratiskan. Tapi kan logikanya, apalagi kita di Makassar ini tidak tega rasanya kita ketika ada barang kita titip kemudian kita tinggalkan tempat tanpa memberikan apa2-apa di situ. Jadi kembali lagi keihklasan pengguna jasa," dia menjelaskan.

2. Parkiran sepeda bakal disiapkan di setiap area CFD

PD Parkir Makassar Siapkan Parkiran Khusus Sepeda di CFDIlustrasi bersepeda (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Meski sudah ada rencana, namun Asrul mengatakan pihaknya belum menentukan titik-titik mana saja yang akan dijadikan tempat parkir bagi pesepeda. Tapi yang jelasnya, semua titik CFD akan dilengkapi fasilitas parkir sepeda.

Lokasi CFD yang dimaksud, masing-masing di sepanjang Jalan Boulevard, Jalan Jenderal Sudirman, serta kawasan Anjungan Pantai Losari.

"Kemungkinan barangkali kalau untuk Boulevard itu kita akan pasang di sekitar samping MP, di Jalan Bougenville. Kita siapkan di situ supaya tidak menghalangi orang yang lagi jogging, senam. Jadi untuk kawasan itu menjadi tertib," katanya.

3. PD Parkir masih menunggu CFD dibuka

PD Parkir Makassar Siapkan Parkiran Khusus Sepeda di CFD(Warga berolahraga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di kawasan Jalan Sudirman Jakarta, Minggu (21/6/2020)) ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Fasilitas parkir khusus belum bisa diterapkan sekarang karena area CFD belum dibuka di situasi pandemik. Jadi fasilitas ini baru bisa diterapkan saat CFD dibuka kembali. 

Walau begitu, Asrul mengaku penyediaan fasilitas ini mulai dibahas sambil menunggu bagaimana progres selanjutnya. Termasuk soal di titik mana saja parkir sepeda disiapkan.

"Sekarang kan juga kegiatan CFD belum dimulai. Kita menunggu instruksi dari pemerintah kota kapan kegiatan CFD dibuka. Nanti kita lihat di mana titik-titik area parkir sepeda yang kita siapkan," katanya. 

Baca Juga: Baru Tahu! Ternyata 3 Cairan Ini Justru Bisa Merusak Sepeda

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya