Mulai Hari Ini, Tempat Hiburan di Makassar Ditutup Dua Pekan

Jam operasional pasar tradisional juga disesuaikan

Makassar,IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menutup sementara sejumlah tempat hiburan dan rekreasi sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Pasalnya wabah tersebut dinilai semakin mengkhawatirkan.

Karenanya Pemkot Makassar melalui Dinas Pariwisata mengambil langkah penutupan tempat yang berpotensi dikunjungi banyak orang untuk meningkatkan kewaspadaan penyebaran virus.

"Kami melakukan penutupan sementara kegiatan operasional usaha hiburan dan rekreasi selama 2 pekan terhitung mulai hari ini (23 Maret) hingga tanggal 5 April," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid, Senin (23/3).

1. Tempat hiburan di Makassar harus dibersihkan

Mulai Hari Ini, Tempat Hiburan di Makassar Ditutup Dua PekanIlustrasi (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Sejumlah tempat hiburan dan rekreasi yang ditutup selama 2 pekan itu antara lain adalah klub malam, diskotek, dan pub, tempat karaoke, bar dan kafe, panti pijat, refleksi dan SPA (sante par Aqua), mandi uap, bioskop, bola sodok, hingga arena bermain ketangkasan atau elektronik yang ada di mal.

Maya-sapaanya-, juga menjelaskan bahwa tempat-tempat tersebut tidak hanya ditutup sementara namun juga harus dibersihkan dengan menggunakan pembasmi kuman untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di Kota Makassar.

2. Asosiasi usaha hiburan dukung penutupan sementara

Mulai Hari Ini, Tempat Hiburan di Makassar Ditutup Dua PekanKetua Asosiasi Usaha Hiburan Makassar Zulkarnain Ali Naru. IDN Times/Istimewa

Terkait hal ini, Ketua Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM) Zulkarnain Ali Naru mengaku mendukung kebijakan penutupan sementara tersebut. Bahkan dia pun meminta pada anggotanya untuk mengikuti instruksi dari pemkot Makasssar.

"Kami malah yang meminta untuk menutup sementara kegiatan usaha hiburan setelah kita lakukan koordinasi dengan pemkot Makassar," katanya, Senin malam.

Selama masa penutupan sementara ini, kata Ali, pihaknya juga turut serta dalam melakukan sterilisasi di sejumlah tempat hiburan dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

Beberapa waktu lalu, rencana penutupan sementara tempat hiburan dan rekreasi ini sempat ditolak oleh AUHM dengan alasan pemerintah terlalu terburu-buru.

Baca Juga: Satu Pasien ODP Corona Meninggal di RS Haji Makassar

3. Jam operasional pasar juga disesuaikan

Mulai Hari Ini, Tempat Hiburan di Makassar Ditutup Dua PekanIDN Times/Wira Sanjiwani

Di sisi lain, jam operasional pasar juga sudah mengalami penyesuaian. Namun penyesuaian ini masih tergantung kondisi masing-masing pasar. 

Sejumlah langkah juga dilakukan seperti mengatur jalur masuk dan jalur keluar pengunjung pasar, menyediakan sarana cuci tangan di setiap pintu masuk dan pintu keluar, serta melakukan penyemprotan disinfektan di setiap unit pasar.

"Karena pasar adalah salah satu tempat yang rawan penyebaran virus termasuk virus Corona. Karena setiap hari kan terjadi interaksi langsung antara penjual dan pembeli. Makanya kita menetapkan SOP (standar operasional prosedur), termasuk itu," kata Dirut PD Pasar Makassar Raya, Basdir.

Baca Juga: Hoaks Virus Corona Resahkan Warga Antang Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya