Mal Pelayanan Publik Makassar Dibangun 2023, Ini Lokasinya

Sempat direncakan tahun lalu namun gagal direalisasikan

Makassar, IDN Times - Gagal direalisasikan tahun lalu, pembangunan Makassar Government Center and Services (MGCS) atau mal pelayanan publik Pemerintah Kota Makassar akan mulai dibangun tahun ini. Jika tidak ada aral melintang, maka proyek ini mulai dibangun bulan depan.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Muh Hajar Aswad, mengatakan pembangunan gedung MGCS menelan anggaran Rp 200 miliar. 

"Insyaallah tahun ini, di awal bulan 6 ini Insyaallah sudah berkontrak. Sudah ditender, lagi tahap evaluasi teknis sekarang," kata Hajar, Selasa (30/5/2023).

1. Estimasi pembangunan diperkirakan 6 bulan

Mal Pelayanan Publik Makassar Dibangun 2023, Ini LokasinyaIlustrasi pembangunan (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Hajar, estimasi lama pembangunan MGCS sekitar 6 bulan. Maka pembangunan diharapkan rampung pada Desember 2023. Saat ini, tahapan lelang telah memasuki pembukaan dan evaluasi penawaran file I berupa administrasi dan teknis. 

Hasil pembukaan dan evaluasi akan segera diumumkan. Setelah itu, ada penandatanganan kontrak pada 5 Juni 2023. 

"Akhir bulan 6 sudah bekerja fisik. Pasti administrasi dulu diurus. Kontrak semua. Pengerjaan sampai bulan 12. Jadi sekitar 6 bulan pengerjaan," kata Hajar.

2. Lokasi pembangunan mal pelayanan publik di Makassar

Mal Pelayanan Publik Makassar Dibangun 2023, Ini LokasinyaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Hajar, MGCS akan menjadi sentra pelayanan publik di Kota Makassar. Semua jenis pelayanan akan terhubung di dalam satu gedung. Hal ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam perizinan sekaligus juga memudahkan investor untuk berinvestasi.

"Nanti diatur bagaimana pembagian pelayanan dengan PTSP di Balai Kota. Yang jelasnya, ini mal pelayanan publik dengan pelayanan terpusat," kata Hajar.

Mal Pelayanan Publik di Makassar ini terletak tak jauh dari gedung Balai Kota yakni di antara Jalan Sultan Hasanuddin dengan Jalan Balai Kota. Rencananya, bangunan ini juga akan dimanfaatkan sebagai bagian dari ruang terbuka hijau. 

Baca Juga: Mahfud MD Resmikan Mal Pelayanan Publik Empat Daerah di Sulsel

3. Gagal realisasi pada 2022

Mal Pelayanan Publik Makassar Dibangun 2023, Ini Lokasinyailustrasi lelang (Pixabay.com/mohamed Hassan)

Makassar Government Center and Services merupakan salah satu proyek prioritas Pemerintah Kota Makassar. Sejatinya MGCS ini akan dibangun tahun 2022 lalu namun gagal direalisasikan sehingga pembangunannya tertunda.

Kemudian, proyek ini dianggarkan lagi dalam APBD 2023. Proyek ini sempat diikutkan dalam lelang dini pada Januari 2023 namun gagal karena masalah administrasi. 

Setelah gagal, lelang kembali dibuka dan kini ada 8 rekanan yang bersaing untuk memenangkan proyek tersebut. Mereka adalah PT Djasa Ubersakti, PT Hutama Karya, PT Brantas Abipraya, PT Amarta Karya, PT Pembangunan Perumahan, PT Haka Utama, PT Nindya Karya dan PT Waskita Karya.

Baca Juga: DPMPTSP Sulsel: Semua Daerah Harus Punya Mal Pelayanan Publik di 2023

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya