Makassar Punya Armada Baru Mobil Dottoro'ta, Diklaim Lebih Canggih

Disebut untuk menjangkau rumah-rumah warga

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar kembali meluncurkan armada baru mobil Dottoro'ta. Peluncuran itu berlangsung di anjungan Pantai Losari, Selasa (10/8/2023).

Sebanyak 47 unit mobil Dottoro'ta diluncurkan untuk masing-masing Puskemas di Kota Makassar. Armada baru ini diklaim lebih canggih dengam fasilitas lebih lengkap ketimbang unit lama.

"Inilah armadanya, yang versi terbarunya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Maksud, Nursaidah Sirajuddin kepada awak media usai peluncuran mobil tersebut.

1. Dilengkapi fasilitas kesehatan

Makassar Punya Armada Baru Mobil Dottoro'ta, Diklaim Lebih CanggihKepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin. IDN Times/Istimewa

Mobil baru Dottoro'ta ini, memiliki beberapa fasilitas penunjang. Di antaranya, tabung oksigen, mobile elektrokardiogram (EKG) yang digunakan untuk skrining jantung, infus set, monitor serta komputer tablet. 

"Monitor dan tablet itu bagaimana nanti pada saat tim akan turun mempercepat menemukan alamat si pasien melalui aplikasi Google Maps. Itu yang kita maksimalkan," kata Nursaidah.

Mobile EKG ditambahkan karena sebelumnya memang tidak menyediakan. Dulu, mobil Dottoro'ta hanya mengandalkan EKG dari Puskesmas. 

"Ini yang kita maksimalkan untuk tidak lagi mengangkat EKG yang di Puskesmas bila ada informasi yang kita dapatkan bahwa pasien tersebut nyeri dada," kata Nursaidah.

2. Menggunakan mobil listrik yang lebih kecil

Makassar Punya Armada Baru Mobil Dottoro'ta, Diklaim Lebih CanggihKepala Dinas Kesehatan Makassar Nursaidah. IDN Times/Asrhawi Muin

Peluncuran armada baru ini, kata Nursaidah, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menginginkan perubahan pada mobil ini. Danny ingin mobil Dottoro'ta yang lebih baru tapi tetap mengusung konsep lorong dan ramah lingkungan.

Berbeda dengan sebelumnya, mobili Dottoro'ta kali merupakan mobil listrik. Desainnya juga lebih kecil dibanding unit sebelumnya.

"Salah satu adalah sesuai dengan instruksi Bapak Presiden untuk menggunakan mobil listrik. Cocok sekali ini mobil listrik dipakai untuk homecare," kata Nursaidah.

Baca Juga: Pemkot Makassar Ancam Pidanakan Pihak Halangi Ambil Alih Pasar Butung

3. Melayani langsung ke rumah warga

Makassar Punya Armada Baru Mobil Dottoro'ta, Diklaim Lebih CanggihKepala Dinas Kesehatan Makassar Nursaidah Sirajuddin. IDN Times/Asrhawi Muin

Di setiap Puskesmas, masing-masing ada dua unit mobil. Satu mobil ambulans dan satu mobil Dottoro'ta. Mobil ambulans digunakan untuk mengantar pasien ke rumah sakit sedangkan mobil Dottoro'ta bertugas untuk menjemput bola langsung ke rumah warga yang sedang sakit. 

Nursaidah mengatakan layanan Dottoro'ta ini merupakan bagian dari program Homecare untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan 24 jam ke rumah warga. Program ini telah melayani warga sejak 2015. 

"Artinya, semua masyarakat di 153 kelurahan itu sudah tersentuh layanan kesehatan bagi yang tidak mampu datang ke 47 puskesmas" karena penyakitnya," katanya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Lelang Enam Jabatan Kepala Dinas, Belum Ada Pendaftar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya