Comscore Tracker

Kemenhub Tanggung Biaya Sewa Kapal Isolasi Apung di Makassar

Pemkot Makassar minta tetap urus makanan untuk pasien

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar memperpanjang penggunaan KM Umsini sebagai lokasi isolasi apung sebulan ke depan. Namun kali ini, Pemkot tak lagi dibebani biaya sewa. 

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Pelni, Insan Purwarisha Tobing saat mengunjungi kediaman Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto di Jalan Amirullah, Makassar, Rabu (1/9/2021).

Insan mengatakan KM Umsini bukan digratiskan melainkan biaya sewanya ditanggung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku pihak yang memberikan izin. Selama ini, Kemenhub juga yang menugaskan Pelni untuk menjalin konektivitas laut di Indonesia.

"Jadi memang sesuai kesepakatan beberapa kementerian di bawah koordinator Menteri Perekonomian waktu itu, bahwa biaya kapal menjadi tanggung jawab Kementerian Perhubungan. Jadi tidak dibebankan lagi pemda," kata Insan.

1. Isolasi di kapal Pelni ditiru daerah lain

Kemenhub Tanggung Biaya Sewa Kapal Isolasi Apung di MakassarSejumlah pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) berjemur di atas KM Umsini, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (8/8/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Program Isolasi Apung di KM Umsini resmi diluncurkan pada 2 Agustus 2021 atau tepat sebulan yang lalu. Program ini rupanya ditiru oleh beberapa daerah lain di Indonesia.

Sejauh ini, kata Insan, sudah ada 6 daerah yang menggunakan kapal Pelni sebagai tempat isolasi apung. Selain Makassar, ada Medan, Lampung, Bitung, Sorong, dan Jayapura.

"Kalau yang pertama memang di Makassar. Inilah yang menjadi contoh di beberapa pemerintahan daerah," katanya.

2. Lebih menghemat anggaran

Kemenhub Tanggung Biaya Sewa Kapal Isolasi Apung di MakassarSejumlah pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) mengikuti senam pagi dari atas KM Umsini di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (8/8/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Danny menyebutkan pihaknya merogoh kocek sebesar Rp1,5 miliar untuk membayar biaya sewa KM Umsini pada Agustus lalu. Karena itu, Danny cukup lega karena setidaknya Pemkot bisa menghemat anggaran APBD.

"Disubsidi pusat, semua di situ operasional apa. Jadi kita penghematan lagi," kata Danny.

Baca Juga: Blak-blakan Danny Pomanto soal Efektivitas Isolasi Apung di Makassar

3. Biaya makan untuk pasien tetap ditanggung Pemkot

Kemenhub Tanggung Biaya Sewa Kapal Isolasi Apung di MakassarSejumlah pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) mengikuti senam pagi dari atas KM Umsini di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (8/8/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Tapi meski tidak lagi dibebankan biaya sewa, Pemkot Makassar tetap menanggung biaya makanan dan minuman pasien, tak seperti lima daerah lainnya. Itu karena Pemkot ingin memastikan sendiri soal makanan bagi pasien isolasi apung.

"Makanan tetap kita urus, kan cukup tinggi (standarnya) jadi orang isolasi makanannya itu tertarik. Jangan sampai berkurang. Saya bilang jalan saja sambil kita urus," kata Danny.

Di sisi lain, Danny sebenarnya juga cukup khawatir jika saat pemeriksaan keuangan nanti justru muncul kecurigaan dari pihak auditor karena hanya Makassar saja yang menanggung makanan pasien isolasi.

"Kita khawatirkan pada saat pemeriksaan keuangan, kenapa gratis di sana kita tidak gratis, sehingga usaha untuk tidak bebani APBD kita terus lakukan," katanya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Lanjutkan Program Isolasi Apung di KM Umsini

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya