Comscore Tracker

Jelang Dilantik, Danny-Fatma Sowan ke Nurdin Abdullah

Danny meminta izin dan dukungan Gubernur Nurdin

Makassar, IDN Times - Jelang dilantik, wali kota dan wakil wali kota Makassar terpilih Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi menemui Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Mereka berkunjung ke Kantor Gubernur, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Rabu (24/2/2021).

Dalam kunjungannya, Danny meminta izin dan dukungan dari Gubernur. Dia juga melaporkan program-program yang akan dijalankan, termasuk memperkuat program-program yang sudah ada, seperti penanganan COVID-19.

"Saya kira dengan Pak Gub, bukan orang baru saling kenal. Saya sudah kenal sejak lama. Jadi saya kira tidak terlalu sulit untuk diwujudkan," ujar Danny dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu.

1. Danny setuju pelantikan digelar semi virtual

Jelang Dilantik, Danny-Fatma Sowan ke Nurdin AbdullahPasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (kanan) dan Fatmawati Rusdi (kiri) menyampaikan keterangan pers di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/12/2020). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Pelantikan kepala daerah terpilih akan digelar serentak di Baruga Karaeng Pattingaloang, Makassar, Jumat 26 Februari 2021. Pelantikan akan digelar secara fisik, namun hadirin selain pejabat yang dilantik cuma bisa mengikuti acara secara virtual.

Danny menyatakan dia setuju dengan rencana model pelantikan yang diusulkan Nurdin dan ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Menurutnya itu tidak mengurangi kesakralan prosesi pelantikan.

"Saya kira itulah hal-hal yang diimpikan kami kepala daerah, bahwa dilantik, jelas ada pemasangan pangkat dan tanda jabatan. Nah itu sakralnya penuh," kata dia.

2. Gubernur tepis isu hubungan tidak harmonis dengan Danny

Jelang Dilantik, Danny-Fatma Sowan ke Nurdin AbdullahGubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Asrhawi Muin

Selama ini, hubungan Nurdin dan Danny kerap diisukan tidak harmonis. Tapi melalui pertemuan ini, Nurdin seolah ingin menunjukkan kepada publik bahwa hubungan mereka tidak seperti yang diisukan. 

"Saya kira hari ini kita patut bersyukur bahwa sudah terjawab kepada masyarakat. Bahwa Gubernur dengan wali kota terpilih itu tidak ada masalah," katanya.

Nurdin sempat memuji Danny yang dianggap telah banyak berkontribusi bagi Sulsel, termasuk merancang pembangunan di Sulsel dan kabupaten/kota lainnya. Karena itu, dia menitipkan pembangunan Makassar kepada Danny.

"Karena Makassar ini adalah etalase Sulsel bahkan Indonesia Timur. Pemerintah Provinsi siap untuk bersinergi, tentu tanggung jawab kita bersama Kota Makassar ini," katanya.

Nurdin menegaskan pemprov dan pemkot akan membangun kerja sama yang kuat untuk terus mendorong percepatan pembangunan di Kota Makassar. Baginya, pertemuan ini menjadi tanda awal kolaborasi yang baik ke depan. 

"Kita bicara dari hati ke hati. Apa yang bisa kita support tentu kita juga harus mendengar dari wali kota terpilih maupun dari ibu wali kota," katanya.

3. Pelantikan digelar serentak di Rujab Gubernur

Jelang Dilantik, Danny-Fatma Sowan ke Nurdin Abdullah(Ilustrasi kepala daerah) IDN Times/Sukma Shakti

Rencananya, pelantikan wali kota Makassar akan dilaksanakan secara serentak di Baruga Pattingalloang Rujab Gubernur Sulsel pada Jumat, 26 Februari 2021 mendatang. Ada 11 calon kepala daerah yang akan dilantik, termasuk Makassar.

Pilkada Serentak 2020 digelar di 12 daerah se-Sulsel. Daerah itu adalah Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Gowa, Bulukumba, dan Selayar. 

Khusus Toraja Utara, pasangan calon kepala daerah terpilih di sana belum ikut dilantik pekan ini. Sebab masa jabatan bupati dan wakil bupati baru akan berakhir pada 31 Maret 2021.

Sebelumnya Gubernur Nurdin menunjuk sekretaris daerah di 10 kabupaten sebagai pelaksana harian bupati, sebab masa jabatan kepala daerahnya sudah berakhir per 17 Februari 2021. Sedangkan Makassar dipimpin Pejabat Wali Kota sejak Mei 2019.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya