Gugur di Pilkada Barru, Agus Nu'mang Bantah Andi Ogi Pakai Narkoba

Andi Mirza Riogi tempuh tes pembanding dan negatif

Makassar, IDN Times - Bakal Calon Wakil Bupati Barru Andi Mirza Riogi gagal memenuhi persyaratan kesehatan karena positif pada hasil pemeriksaan narkoba. Tapi mantan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang menyebut menantunya itu tidak memakai narkoba.

Andi Ogi -sapaan Andi Mirza Riogi- dinyatakan positif menggunakan narkoba berdasarkan hasil pemeriksaan Tim Pelaksana Pemeriksa Kesehatan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah untuk Pilkada Serentak 2020 di Sulsel. 

Agus tidak yakin bahwa menantunya itu memakai narkoba. Untuk menjawab keraguan, dia sudah memintanya melakukan tes ulang dan hasilnya negatif.

"Tapi harus ada pemeriksaan lagi di tempat lain yang lebih berkompeten, sebagai pembanding. Tapi kemarin Minggu, jadi libur semua, mungkin hari kita tes lagi," kata Agus dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin (14/9/2020).

Baca Juga: Kandidat Wakil Bupati di Pilkada Barru Sulsel 2020 Positif Narkoba

1. Hasil pemeriksaan pembanding sebut Andi Ogi bebas dari zat terlarang

Gugur di Pilkada Barru, Agus Nu'mang Bantah Andi Ogi Pakai NarkobaTes pembanding yang dilakukan Andi Mirza Riogi, IDN Times/Istimewa

Andi Ogi menjalani tes pembanding di laboratorium Prodia. Menurut hasil pemeriksaan, dia dinyatakan bebas dari segala zat narkoba, baik jenis amphetamine, benzodiazepi, kokain, ganja, dan morfin.

Agus sangat yakin  menantunya sama sekali tidak menggunakan narkoba. Apalagi selama ini, kata Agus, Andi Ogi selalu bersama keluarga besarnya setiap hari dan tidak pernah ada riwayat sebagai pengguna.

Agus menyebut AndiOgi belakangan aktif bersosialisasi. Meski tak ingin berprasangka, tapi dia menduga bisa saja ada orang yang sengaja menjebak.

"Bisa saja saat ngopi, makanan atau merokok bareng disusupi, tapi dia tidak tahu... Toh menurut info yang diterima diduga terindikasi ganja, dan itu sangat-sangat tidak terduga" ucap Agus.

2. Agus yakin Andi Ogi bisa lolos di Pilkada Barru

Gugur di Pilkada Barru, Agus Nu'mang Bantah Andi Ogi Pakai Narkobailustrasi Pilkada serentak 2020. IDN Times/ istimewa

Agus mengatakan sudah membicarakan masalah ini dengan keluarga besarnya dan partai pengusung. Pihak keluarga Agus sangat yakin Andi Ogi tetap bisa lolos mendampingi bakal Calon Bupati Barru Petahana, Suardi Saleh. 

Namun intinya, pihak keluarga Agus sudah berembuk dan menyerahkan semua yang terkait dengan permasalahan ini kepada tim hukum. Mereka akan menindaklanjuti dan memperjuangkannya sesuai aturan yang ada. Penetapan pasangan calon di pilkada serentak ditetapkan pada 23 September mendatang.

"Meski kemarin KPUD Barru juga mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan resmi. Tapi itu hanya melakukan pleno pengumuman hasil pemeriksaan kesehatan, dan kita mengupayakan second opinion," kata Agus.

3. Suardi Saleh kaget Andi Ogi dinyatakan positif narkoba

Gugur di Pilkada Barru, Agus Nu'mang Bantah Andi Ogi Pakai NarkobaBupati Barru Suardi Saleh, kiri. IDN Times/Istimewa

Sementara, Bakal Calon Bupati Barru petahana, Suardi Saleh, mengaku kaget setelah mendengar kabar bahwa bakal calon wakilnya dinyatakan positif narkoba. Dia juga sama yakinnya dengan Agus bahwa Andi Ogi bukanlah pengguna narkoba.

Suardi mengatakan, saat pemeriksaan kesehatan berlangsung, Andi Ogi terlihat baik-baik saja. Tidak ada tanda apa-apa yang mengindikasikan bahwa Andi Ogi merupakan pengguna narkoba.

"Kalau pengguna, pasti akan terlihat gejalanya, dan tidak mungkin Andi Ogi dengan percaya diri dan tenang hadir mengikuti tes kesehatan jikalau dia seperti yang diduga-duga saat ini," kata Suardi.

Baca Juga: KPK: Netralitas ASN Masih Jadi Dilema pada Pilkada Serentak 2020

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya