Danny Pomanto Heran Kinerja Tim Penanganan Banjir di Makassar Menurun

Danny bandingkan saat dia menjabat periode pertama

Makassar, IDN TimesWali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto meninjau langsung lokasi banjir di Perumnas Antang Blok 8, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Kamis (11/3/2021).

Hujan yang mengguyur Kota Makassar sejak dua hari lalu membuat pemukiman warga di daerah itu dilanda banjir. Warga pun terpaksa mengungsi ke Masjid Al-Muttaqin di RW 8 yang lokasinya lebih tinggi dari rumah-rumah warga. 

"Jadi sejak kemarin saya mulai meninjau banjir mulai dari Pettarani. Kemudian ada di beberapa di Tamalate, dilanjutkan hari ini di Paccerakkang sampai ke belakang dan di Antang," ucap Danny setelah menyusuri lokasi banjir dengan perahu karet.

1. Danny akui tim tidak siap hadapi tanggap darurat banjir

Danny Pomanto Heran Kinerja Tim Penanganan Banjir di Makassar MenurunKondisi banjir yang merendam rumah warga di Perumnas Antang Blok 8, Makassar, Kamis (11/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Dalam kesempatan itu, Danny mengakui bahwa penanggulangan banjir kali ini tidak siap. Ketika ada tanda-tanda akan terjadi banjir, menurut Danny, tim seharusnya sudah siap. 

"Kesimpulan pertama biasanya waktu saya memerintah, begitu saya sudah kasih sinyal bahwa akan ada banjir, biasanya sudah siap semua. Ternyata sekarang tidak siap," katanya.

Maka dari itu, dia memutuskan untuk mengambil alih langsung semua penanggulangan di pengungsian. Karena menurutnya tim yang ada sekarang tidak seperti dahulu ketika dia menjabat di periode pertamanya.

"Karena saya juga baru 10 hari, saya tidak tahu kinerja pemerintah kota seperti apa. Tapi insyaallah percayalah kepada seluruh masyarakat kami akan menangani dengan baik. Kalau yang kurang hari ini, kita akan perbaiki mulai hari ini," kata Danny.

2. Danny minta maaf soal keterlambatan tanggap darurat

Danny Pomanto Heran Kinerja Tim Penanganan Banjir di Makassar MenurunTim SAR menarik perahu karet yang digunakan untuk evakuasi warga di Perumnas Antang blok 8 Makassar, Kamis (11/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Danny mengaku sangat menyesalkan keterlambatan tanggap darurat penanganan banjir di Makassar. Dia pun menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh warga, utamanya yang terdampak banjir.

"Jadi saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat Makassar khususnya kepada pengungsi. Saya harus akui bahwa penanganan keadaan darurat ini sangat lambat," kata Danny.

Baca Juga: Banjir di Makassar, Danny Pomanto: Semakin Banyak Orang Mengungsi

3. Tim tanggap darurat akan dievaluasi

Danny Pomanto Heran Kinerja Tim Penanganan Banjir di Makassar MenurunKondisi banjir di Perumnas Antang blok 8 Makassar, Kamis (11/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Danny, bencana banjir di Makassar pada awal tahun 2019 lalu lebih besar dari yang terjadi saat ini. Tapi kali ini dia menyebut ada penurunan kinerja dari tim di lapangan yang membuat penanganan jadi lambat. 

Meski begitu, dia berupaya meyakinkan masyarakat soal penanganan banjir dengan turun langsung di lokasi. Dia juga berjanji akan segera memperbaiki dan mengembalikan kinerja tim sesuai dengan standar sebelumnya dilaksanakan.

"Terjadi penurunan kinerja. Saya akan mengambil tindakan administratif yang tegas terhadap performa pemerintah kota menghadapi tanggap darurat ini. Tunggu aja 1, 2 hari," kata Danny.

Baca Juga: Korban Banjir di Makassar, Ibu Hamil Dievakuasi Pakai Perahu Karet

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya