Cerita Setiawan Aswad, Sempat 4 Kali Tolak Jabatan Pj Bupati Takalar

Setiawan juga masih menjabat Kepala Dinas Pendidikan Sulsel

Makassar, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan (Sulsel), Setiawan Aswad, resmi menjabat sebagai penjabat (Pj) Bupati Takalar usai dilantik pada Kamis (22/12/2022). Namun ada pengakuan menarik darinya yakni dia sempat menolak saat ditawari untuk jabatan tersebut.

Setiawan merasa bahwa tanggung jawabnya di Dinas Pendidikan cukup besar dan kompleks. Dia tak mau pekerjaannya itu terbengkalai lantaran terpecah fokus ke jabatan lain.

"Jadi waktu diminta oleh beliau (gubernur), pendapat saya tentang itu, saya katakan 100 persen saya tidak mau di situ. Saya mau fokus dulu di pekerjaan saya," kata Setiawan.

1. Menolak hingga empat kali

Cerita Setiawan Aswad, Sempat 4 Kali Tolak Jabatan Pj Bupati TakalarGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melantik Setiawan Aswad sebagai Pj Bupati Takalar di Baruga Pattingalloang, Kamis (22/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Bagi Setiawan, jabatan bukan persoalan pribadi melainkan lebih kepada menjalankan amanah. Maka dari itu, dia langsung menolak tawaran gubernur.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman sampai harus berkali-kali membujuk Setiawan agar bersedia mengisi kekosongan jabatan di Takalar. Namun sebagai bawahan, Setiawan tak bisa terus-terusan menolak hingga akhirnya bersedia menerima jabatan itu.

"Kalau tidak salah, tiga atau empat kali saya ditanya. Kemudian kan anak buah harus loyal. Tidak mungkin saya katakan tidak bisa menjalankan perintah. Jawabannya saya yang paling aman adalah saya siap melakukan kalau itu perintah," katanya.

2. Membagi tugas di Dinas Pendidikan

Cerita Setiawan Aswad, Sempat 4 Kali Tolak Jabatan Pj Bupati TakalarKepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Setiawan Aswad. (Dok. Istimewa)

Kini dengan jabatan barunya, otomatis Setiawan memiliki tugas yang lebih banyak. Di satu sisi dia harus memimpin Kabupaten Takalar, di sisi lain dia masih Kepala Dinas Pendidikan Sulsel.

Untuk itu, dia berupaya membangun tim kerja yang solid di Dinas Pendidikan. Dengan begitu, tugas-tugas di Dinas Pendidikan tetap bisa berjalan seperti seharusnya.

"Saya berharap bahwa di Takalar juga akan seperti itu. Tadi juga Pak Gubernur sudah menyampaikan sinergitas antara lintas sektoral OPD menjadi sangat penting di samping juga stakeholder penting buat diperhatikan," katanya.

Baca Juga: Tiga Nama Calon Pj Bupati Takalar Diusulkan ke Kemendagri

3. Plh akan ditunjuk untuk Dinas Pendidikan

Cerita Setiawan Aswad, Sempat 4 Kali Tolak Jabatan Pj Bupati TakalarIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait dengan tahun ajaran baru yang sebentar lagi bergulir, Setiawan mengatakan bahwa kemungkinan akan ada pelaksana harian yang ditunjuk untuk membantu tugas-tugasnya.

"Mekanisme Dinas Pendidikan itu mungkin akan ditunjuk Plh membantu saya. Saya kira pada tingkatan taktis operasional, Plh banyak berperan. Pada tingkatan yang sifatnya strategis, tetap harus berada di bawah pengawasan saya," katanya.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Lantik Setiawan Aswad Pj Bupati Takalar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya