Bukan di Makassar, Ini Tiga Lokasi Debat Pilgub Sulsel 2024

Pemilihan lokasi dianggap merepresentasikan Sulsel

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan membocorkan lokasi debat Pemilihan Gubernur Sulsel 2024. Jika sebelumnya debat Pilgub selalu dipusatkan di Makassar, maka tahun ini KPU menggelarnya di luar kota.

Debat akan digelar selama tiga kali di tiga daerah yang berbeda. Ketiga daerah itu adalah Bulukumba, Parepare dan Palopo.

"Debat itu bukan hanya tentang Makassar, masih ada daerah lain. Sementara ini kami desain tiga daerah yang betul-betul bisa menjadi represenatsi dari 24 kabupaten dan kota," kata Komisioner KPU Sulsel, Hasruddin, Senin (8/7/2024).

Baca Juga: KPU Sulsel: Progres Coklit Data Pemilih Mencapai 92 Persen

1. Pemilihan lokasi dianggap merepresentasikan Sulsel

Bukan di Makassar, Ini Tiga Lokasi Debat Pilgub Sulsel 2024Komisioner KPU Sulsel, Hasruddin. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Hasruddin menjelaskan ketiga daerah tersebut dianggap mampu merepresentasikan Provinsi Sulawesi Selatan secara keseluruhan. Kabupaten Bulukumba di bagian selatan, Kota Parepare di tengah dan Kota Palopo di bagian utara.

"Apa yang menjadi harapan dengan representasi 3 kabupaten kota ini mampu menjawab informasi yang tersebar di 24 kabupaten kota lain," kata Hasruddin.

2. Ada pertimbangan keamanan dalam pemilihan lokasi

Bukan di Makassar, Ini Tiga Lokasi Debat Pilgub Sulsel 2024Ilustrasi pilkada. IDN Times

Hasurddin menyebut selama ini debat Pilgub selalu dipusatkan di Makassar yang notabene adalah ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, bahkan Jakarta. Dia menyebut tak masalah jika debat digelar di daerah berbeda sebab publik tetap bisa menyaksikannya melalui tayangan live streaming.

Hasruddin menegaskan ketiga daerah ini merupakan representasi untuk Sulsel. Selain itu, KPU juga mempertimbangkan telah soal keamanan.

"Palopo kan cukup bagus dari segi kederahan. Bulukumba bagus sebagai wlayah paling selatan. Parepare walaupun dinamis tiap pilkada tapi selalu berakhir dengan baik dalam kegiatan pilakda," kata Hasruddin.

3. Debat pilkada didesain berkonsep kedaerahan

Bukan di Makassar, Ini Tiga Lokasi Debat Pilgub Sulsel 2024Ilustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Untuk pilkada di tiap daerah, KPU mendesain kegiatan debat itu secara teknis kedaerahan. Artinya, pelaksanaannya dikembalikan ke daerah masing-masing.

"Yang 24 kabupaten kota ini harus menggela debat di masing-masing kabupaten kotanya," kata Hasruddin.

Sebelumnya, debat Pilkada selalu dibawa keluar seperti ke Jakarta atau Makassar. Kali ini, semua daerah tiap daerah akan mendesain sendiri debat pilkada.

Total ada 75 kali debat yang akan diselenggarakan. Jumlah ini termasuk 3 kali debat Pilgub dan 72 kali debat Pilbup dan Pilwali di 24 kabupaten kota dengan akumulasi masing-masing 3 kali debat.

"Harapan kita, debat mampu menyasar semua isu-isu strategis dalam materi debat," kata Hasruddin.

Baca Juga: 12 Hari, Coklit di Makassar Baru Rampung Empat Kecamatan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya