Comscore Tracker

Bos PSM Munafri Pendaftar Pertama Bakal Calon Ketua Golkar Makassar

Pengambilan formulir bakal calon ketua tersisa satu hari

Makassar, IDN Times - Pendaftaran bakal calon ketua Golkar Makassar telah dibuka, jelang musyawarah daerah (Musda) DPD II Golkar Makassar pada 6 Maret 2021 mendatang.

Pendaftar pertama adalah CEO PSM, Munafri Arifuddin. Kedua, ada Wakil Ketua DPRD Makassar, Andi Nurhaldin Halid. Hingga Minggu (21/2/2021), atau di hari kedua masa pendaftaran, baru dua orang saja yang mengambil formulir.

"Sudah dua yang mengambil formulir. Pertama tadi sekitar jam setengah 11, utusannya Pak Appi. Kemudian tadi sekitar mendekat jam 1, Andi Nurhaldin Nurdin Halid," kata Ketua Steering Commitee Musda X Golkar Makassar, Iswan Setiyo Utomo saat ditemui di Sekretariat Golkar Makassar, Minggu.

1. Pendaftaran berlangsung tiga hari

Bos PSM Munafri Pendaftar Pertama Bakal Calon Ketua Golkar MakassarLokasi pendaftaran balon ketua Golkar Makassar, Minggu (21/2/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Meski baru dua orang yang mendaftar, Iswan tetap optimistis pendaftar masih akan bertambah. Sebab, kata dia, masih ada waktu satu hari lagi. 

"Kita tidak tahu siapa tahu besok lebih daripada dua yang mendaftar. Memang kan kita mengapresiasi bagi yang cepat mendaftar berarti dia kan lebih banyak waktu untuk menyiapkan bahan-bahan yang perlu dia siapkan," jelas Iswan.

Tahapan pengambilan formulir Balon Ketua DPD II Golkar Makassar dimulai sejak 20 - 22 Februari 2021 pukul 10.00 - 16.00 WITA. Selanjutnya, pengembalian formulir dilaksanakan pada tanggal 22 - 23 Februari. 

Pada 23 Februari 2021, tahapan dilanjutkan pada verifikasi administrasi. Jika verifikasi memenuhi syarat, panitia akan menetapkan bakal calon ketua.

2. Wajib kantongi 30 persen suara

Bos PSM Munafri Pendaftar Pertama Bakal Calon Ketua Golkar MakassarKetua SC Musda X Golkar Makassar, Iswan Setiyo Utomo. IDN Times/Asrhawi Muin

Iswan menjelaskan ada sejumlah persyaratan untuk mendaftar bakal calon ketua Golkar. Salah satu syarat yang ditekankan jelang musda ialah para bakal calon ketua wajib mengantongi dukungan minimal 30 persen dari total 21 pemilik suara.

"Jadi kalau 30 persen minimal 7 suara. Itu dia bisa menjadi bakal calon ketua," katanya.

Selain itu, ada juga persyaratan umum lainnya yang harus dilengkapi seperti fotocopy KTP bahwa yang bersangkutan berdomisili di Makassar. Fotocopy KTA (kartu tanda anggota) Golkar dan fotocopy ijazah terakhir. 

"Selain itu juga menandatangani surat-surat pernyataan yang panitia sudah siapkan, seperti siap meluangkan waktu untuk mengurus partai dan sebagainya," katanya.

Baca Juga: NasDem dan Golkar Dominasi Kemenangan Pilkada di Sulsel

3. Belum ada lokasi pelaksanaan musda

Bos PSM Munafri Pendaftar Pertama Bakal Calon Ketua Golkar MakassarDok. IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Iswan menjelaskan pihaknya masih belum memutuskan lokasi untuk pelaksanaan musda. Namun dia berharap supaya pelaksanaan musda Golkar Makassar tetap dilaksanakan di ibu kota Sulawesi Selatan ini. 

"Belum ada tempat yang final. Karena masih sementara teman-teman panitia melakukan penjajakan di mana tempatnya. Mudah-mudahan tetap di Makassar kecuali kalau ada ribut-ribut ya sebagaimana biasa lazimnya akhirnya akan ditarik di pusat," katanya.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Takalar dari Golkar Tersangka Dugaan Perusakan Hutan

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya