Comscore Tracker

Bakal Dibeton, Jalan Antang Raya Ditutup Sementara Selama Dua Hari

Jalan Antang Makassar dikeluhkan rusak parah

Makassar, IDN Times - Ruas Jalan Antang Raya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) tengah digarap. Pengerjaannya kini memasuki tahap betonisasi.

Selama proses betonisasi, ruas jalan tersebut akan ditutup sementara selama dua hari, terhitung pada Sabtu, 8 Oktober 2022 pukul 13.00 WITA sampai 9 Oktober 2022 pukul 05.00 WITA.

"Karena mau dilaksanakan (pengerjaan) jadi ditutup dulu. Rencananya memang begitu sehabis kami pertemuan di Polsek," kata Kepala Dinas Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUTR) Sulsel, Astina Abbas, Kamis (6/10/2022).

1. Perbaikan jalan sepanjang 500 meter

Bakal Dibeton, Jalan Antang Raya Ditutup Sementara Selama Dua HariKondisi jalanan berlubang di ruas Jalan Antang Makassar, Jumat (11/3/2022). Humas Pemprov Sulsel

Jalan yang ditutup hanya sebagian yakni dimulai dari pertigaan Jalan Ujung Bori Raya sampai pertigaan Jalan Perumnas Antang. Panjang ruas jalan yang akan dikerjakan berkisar 500 meter.

"Untuk menghindari kemacetan, diimbau agar masyarakat mencari jalan alternatif lain. Terima kasih dan mohon maaf atas nama ketidaknyamanannya," kata Astina.

2. Ditargetkan rampung akhir tahun 2022

Bakal Dibeton, Jalan Antang Raya Ditutup Sementara Selama Dua HariSpanduk bergambar wajah 6 legislator DPRD Sulsel terpajang di salah satu tepi ruas Jalan Antang Raya Makassar yang rusak Senin (30/5/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas PUTR Sulsel, Surya, juga mengatakan, pengerjaan Jalan Antang Raya diperkirakan akan rampung pada akhir tahun ini. Jika tak ada aral melintang, jalan tersebut bisa difungsikan pada bulan November mendatang.

"Kalau tidak ada halangan dan cuaca mendukung, mudah-mudahan bulan November bisa selesai. Dua hari itu hanya penutupan sementara. Nanti kami akan berlakukan buka tutup jalan di situ," ucapnya.

3. Betonisasi dianggap tepat untuk daerah rawan banjir

Bakal Dibeton, Jalan Antang Raya Ditutup Sementara Selama Dua HariIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih jauh, Surya menjelaskan bahwa konstruksi pengerjaan yang akan digunakan adalah betonisasi. Konstruksi ini dipilih lantaran jalan beton dinilai pas dengan kondisi wilayah di sana yang rawan banjir.

"Itu disesuaikan dengan kondisi di sana. Kan di sana daerah banjir, jadi dibeton. Kalau aspal tidak tahan lama, dan itu sudah termasuk juga pengerjaan drainasenya," jelas Surya.

4. Dishub siagakan personel di Jalan Antang

Bakal Dibeton, Jalan Antang Raya Ditutup Sementara Selama Dua HariKepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Iman Hud. (Dok. Humas Dishub Makassar)

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Iman Hud, menyatakan, pihaknya akan menyiagakan personel yang betugas di Kecamatan Manggala dan Kecamatan Panakkukang untuk terjun langsung mengatur lalu lintas selama pengerjaan jalan berlangsung.

"Kami akan siapkan personel di sana untuk mengatur dan mengawasi lalu lintas selama jalan itu dikerjakan," katanya singkat.

Baca Juga: Jalan Rusak dan Berlubang di Antang Bakal Dibeton

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya