4 Pejabat Pemkot Makassar Kompak Patungan Beli dan Konsumsi Sabu

Patungannya variatif, mulai Rp600 ribu sampai Rp1 juta

Makassar, IDN Times - Empat ASN Pemkot Makassar ditangkap petugas Reserse Narkoba Polrestabes lantaran kedapatan memiliki narkotika jenis sabu. Mereka masing-masing adalah S, MY, IM dan MS. Mereka dibekuk pada Jumat, 23 April 2021 malam.

Kasat Narkoba Polrestabes Makassar AKBP Yudi Frianto menjelaskan penangkapan keempat ASN itu berawal dari informasi masyarakat di Jl AP Pettarani III, Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakukkang. 

"Bahwasanya sering terjadi transaksi narkoba jenis sabu. Jadi pada saat anggota ke TKP dan mengamankan inisial S, PNS di Pemkot Makassar," kata Yudi saat konferensi pers di Polrestabes Makassar, Minggu (25/4/2021).

1. Polisi temukan 2 saset sabu yang dibeli secara patungan

4 Pejabat Pemkot Makassar Kompak Patungan Beli dan Konsumsi SabuKonferensi pers terkait penangkapan PNS Pemkot Makassar di Polrestabes Makassar, Minggu (25/4/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Dalam penangkapan itu, polisi menyita barang bukti sabu sebanyak 2 saset di saku celana bagian depan milik S. Hasil interogasi awal, S mengakui bahwa sabu tersebut adalah miliknya bersama MS, MY, dan IM.

Sabu dibeli secara patungan menggunakan uang S sebanyak Rp600 ribu, uang MS sebanyak Rp1 juta, dan uang MY sebanyak Rp1 juta. 

"Setelah diperiksa, sabu tersebut berasal dari patungan antara 4 orang. Sabu tersebut dibeli oleh S, MS, MY, dan IM," kata Yudi.

2. Empat pejabat Pemkot Makassar masih berstatus sebagai pengguna sabu

4 Pejabat Pemkot Makassar Kompak Patungan Beli dan Konsumsi SabuBalaikota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Dari keterangan S, tim Polrestabes Makassar langsung bergerak memburu tiga orang lainnya. MY dan IM ditangkap di Jalan Pettarani III. Sementara MS diamankan di kediamannya di Jalan Racing Center.

Sejauh ini, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa keempat orang itu masih ditetapkan sebagai pengguna. Polisi menyebut mereka telah memakai sabu selama setahun terakhir.

"Dari hasil keterangan yang sudah kami lakukan pemeriksaan, sabu tersebut memang digunakan untuk konsumsi mereka sendiri," kata Yudi.

Baca Juga: Pejabat Pemkot Ditangkap terkait Narkoba, Ini Kata Wali Kota Makassar 

3. Polisi masih selidiki penjual sabu

4 Pejabat Pemkot Makassar Kompak Patungan Beli dan Konsumsi SabuPolrestabes Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Hingga kini, polisi masih terus menyelidiki dari mana keempat ASN Pemkot Makassar itu mendapatkan narkoba jenis sabu. Untuk sementara ini, mereka diduga mendapatkan sabu tersebut dari penjual di daerah Pampang.

Kata Yudi, MY mengaku memang menyuruh S membeli sabu di Pampang. "Pada saat membeli juga S di Pampang ditanya, dikasih tempat dan waktu yang sudah ditentukan oleh penjual," kata Yudi.

Baca Juga: [BREAKING] Polisi Tangkap 4 Pejabat Pemkot Makassar terkait Narkoba

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya