Unhas dan Pemkab Soppeng Teken Kerja Sama Pembangunan Kampus

Jadi komitmen Unhas memaksimalkan potensi SDA di daerah

Makassar, IDN Times - Bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke-760 Kabupaten Soppeng pada Selasa (23/3/2021), Universitas Hasanuddin (Unhas) menandatangi perjanjian kerja sama pendirian Kampus Soppeng dengan Pemerintah Kabupaten.

Perjanjian tersebut ditandatangani langsung oleh Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu bersama Bupati Soppeng Kaswadi Razak, pada sela rapat paripurna sekaligus peringatan hari jadi di Ruang Rapat DPRD Soppeng.

Usai sesi penandatanganan, Rektor Unhas dan Bupati Soppeng kemudian meninjau lahan lokasi pembangunan kampus Unhas Soppeng seluas dua hektare yang terletak di kawasan Waduk Ompo.

1. Kampus Unhas Soppeng akan berdiri di atas lahan seluas dua hektare

Unhas dan Pemkab Soppeng Teken Kerja Sama Pembangunan KampusRektor Universitas Hasanuddin Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu (tengah depan) dan Bupati Soppeng Kaswadi Razak (kiri depan) saat meninjau lahan Kampus Unhas Soppeng, Selasa 23 Maret 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Menurut Bupati Kaswadi Razak, Kampus Unhas Soppeng yang akan berdiri di atas lahan seluas sekitar dua hektare diperkirakan selesai pada Agustus atau September mendatang. Kampus ini pun akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas praktik para mahasiswa nantinya.

"Kami di Soppeng sudah ada komitmen dan ini kami upayakan terlaksana. Selain itu, juga telah dipersiapkan beberapa tempat percontohan pertanian maupun peternakan yang mendukung proses pembelajaran," papar Kaswadi dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

"Bersama Unhas, Pemda Soppeng siap melakukan pembenahan," sambungnya.

2. Komitmen Unhas dalam meningkatkan potensi SDA yang dimiliki daerah tersebut

Unhas dan Pemkab Soppeng Teken Kerja Sama Pembangunan KampusRektor Universitas Hasanuddin Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu (dua dari kanan) dan Bupati Soppeng Kaswadi Razak (tiga dari kanan) saat meninjau lahan Kampus Unhas Soppeng, Selasa 23 Maret 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Sementara itu, Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu menyatakan kesiapan pihaknya ikut serta dalam proses pembangunan sumber daya manusia di Soppeng. Ia pun mengapresiasi komitmen jajaran pimpinan yang serius dalam usaha mengembangkan pendidikan dan memaksimalkan potensi Kabupaten Soppeng.

"Unhas siap mendukung dan bersinergi bersama Pemkab Soppeng, bukan hanya bermanfaat untuk wilayah ini saja, tapi semua daerah," papar Dwia dalam kata sambutannya.

"Kita bersama-sama akan menyediakan sumber daya unggul dan berkualitas untuk menjawab tantangan masa depan Indonesia sebagai middle income country. Kita berharap akan semakin banyak wirausahawan, petani dan peternak millennial yang lahir di Soppeng," jelasnya.

Baca Juga: Unhas Bebaskan UKT bagi Mahasiswa Terdampak Gempa Sulbar

3. Rencananya, kampus ini rampung dan beroperasi pada Agustus-September mendatang

Unhas dan Pemkab Soppeng Teken Kerja Sama Pembangunan KampusMaket Kampus Universitas Hasanuddin di Kabupaten Soppeng yang rencananya rampung dan beroperasi pada Agustus/September mendatang. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Kabupaten Soppeng selama ini dikenal memiliki potensi sumber daya alam strategis. Mulai dari pertanian, perkebunan hingga peternakan. Sumber daya manusian dibutuhkan untuk memperkuat dan memaksimalkan potensi wilayah berpenduduk lebih dari 226 ribu jiwa tersebut.

Untuk itu, Unhas akan membuka dua program studi kelas vokasi di Kampus Soppeng yakni Agribisnis Pertanian dan Agribisnis Peternakan. Begitu rampung, kampus Unhas ketiga yang berada di luar Makassar tersebut nantinya akan menampung mahasiswa, baik asal Soppeng maupun daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Unhas Terima 1.760 Calon Mahasiswa Baru lewat Jalur SNMPTN

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya