Serunya OC Day 2019, Bupati Bulukumba Sarapan Bareng Siswa

Salah satu dari rangkaian acara Hari Anak Internasional

Makassar, IDN Times - Sebanyak 88 sekolah di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada Kamis (7/11) pagi mengikuti rangkaian kegiatan Belajar Sehari di luar Kelas atau Outdoor Classroom Day (OC Day) tahun 2019. Aktivitas itu sebagai rangkaian acara menyambut Hari Anak Internasional yang jatuh pada 20 November mendatang.

Tercatat 88 sekolah mulai dari tingkatan SD, SMP/MI hingga SMA/MA ikut serta dalam OC Day 2019 di Bulukumba. Sesuai namanya, para siswa tak melakukan proses belajar-mengajar seperti biasa. Mereka lebih banyak melakukan mempraktekkan perianan tradisional yang sudah jarang dimainkan, sekaligus mengenal budaya lokal.

1. Acara sarapan bersama dipilih sebelum memulai OC Day 2019 di Bulukumba

Serunya OC Day 2019, Bupati Bulukumba Sarapan Bareng SiswaDok. Istimewa (Humas Pemkab Bulukumba)

Sarapan bersama jadi kegiatan yang mengawali OC Day 2019. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, para siswa bersama-sama menyantap bekal makanan yang dibawa dari rumah masing-masing.

Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali, ikut ambil bagian dalam acara ini bersama siswa-siswi MAN 2 Bulukumba. Dalam kata sambutannya, ia memberi motivasi agar kelak mereka bisa merengkuh masa depan nan sukses. Tak lupa, AM Sukri Sappewali, mengenang masa-masa ketika masih berseragam putih abu-abu.

"Kamu yang sekarang ini, seperti saya juga dulu waktu sekolah. Bedanya, saya dulu tidak ada handphone jadi banyak permainan yang bisa kita lakukan setiap saat," ujarnya. Ia pun turut mewanti-wanti siswa agar tidak tergantung kepada gawai.

2. Mengawali OC Day 2019, Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba ikut sarapan bersama siswa

Serunya OC Day 2019, Bupati Bulukumba Sarapan Bareng SiswaDok. Istimewa (Humas Pemkab Bulukumba)

Sementara itu Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, menyapa siswa-siswi SMP Negeri 2 Bulukumba. Salah satu siswi bahkan menawarkan sebungkus nasi kuning kepada sang Wakil Bupati. Nur Kholisah, nama siswi tersebut, mengaku sudah meniatkannya sejak jauh hari. Ia pun berangkat dari rumah membawa dua porsi bekal.

"Terima kasih adik Nur Kholisah. Adik tahu kalau kakak tidak sempat sarapan di rumah sebelumnya," ungkap Tomy memberi apresiasi.

Ketua Tim Penggerak PKK, Siti Isniyah, yang hadir di MAN 2 Bulukumba mengapresiasi dan mendukung penuh OC Day. Menurutnya kegiatan ini bisa meningkatkan semangat belajar para pelajar lantaran sama sekali tak merasa bosan, sekaligus mendorong siswa meningkatkan kreatifitasnya.

3. PKK Bulukumba berharap acara ini rutin dilaksanakan setiap bulan

Serunya OC Day 2019, Bupati Bulukumba Sarapan Bareng SiswaDok. Istimewa (Humas Pemkab Bulukumba)

"Saya berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan terus dilaksanakan, minimal sebulan sekali, sehingga anak-anak bisa belajar dalam suasana riang gembira," tutur istri Wakil Bupati Bulukumba tersebut.

Sejumlah kegiatan dan permainan dilakukan oleh para siswa demi lepas dari penatnya ruang kelas. Mulai dari senam, simulasi evakuasi bencana, bermain egrang, tarompah, lompat tali, dan hulahoop. Para guru pun ikut serta berlomba dengan para peserta didik yang sehari-hari mereka ajar.

Dalam acara ini, pihak sekolah MAN 2 dan SMP Negeri 2 turut melakukan Deklarasi Sekolah Ramah Anak sekaligus melantik Tim Sekolah Ramah Anak, disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya