Polda Sulsel Gelar Millenial Safety Road Festival di Pantai Losari

Sebelumnya akan digelar Maret lalu

Makassar, IDN Times - Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar kampanye keselamatan berkendara Millenial Safety Road Festival (MSRF) di Pantai Losari, Makassar, Minggu (23/6). 

Kegiatan MSRF yang bertema: merajut persatuan dalam kebhinekaan ini terdiri dari beberapa item acara, mulai dari jalan santai di sekitar Pantai Losari, drum band, kampanye keselamatan berkendara, pencanangan deklarasi damai pasca Pilpres, dan pertunjukan musik.

Festival kampanye keselamatan berkendara yang digagas Korps Lalu Lintas Polri ini dihadiri sejumlah tokoh Sulsel, yaitu: Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin dan wakilnya, Brigjen Adnas, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Sulsel Moh. Roem, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Dwi Wahyu Ariwibowo, dan Ketua DPRD Makassar Farouk M Betta. 

Puncak acara ini dilakukan dengan melepas kumpulan balon gas yang berwarna merah putih dan bertuliskan spanduk Festival Damai: Merajut Persatuan dalam Kebhinekaan. Berikutnya dengan pengundian doorprize bagi peserta jalan santai dengan hadiah rumah, mobil, motor, biaya umroh, dan hadiah lainnya. 

1. Kampanye MRSF untuk menekan angka korban lalu lintas, khususnya kelompok millenial

Baca Juga: Polda Sulsel Tangkap Pembobol ATM BRI

Polda Sulsel Gelar Millenial Safety Road Festival di Pantai LosariIDN Times/Abdurrahman

Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin dalam pidato sambutannya menyebutkan angka korban kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Indonesia masih cukup tinggi dan korbannya didominasi kelompok usia millenial. Hamidin mencontohkan data jumlah Lakalantas tahun 2017 sebanyak 105 ribu kasus, dengan jumlah korban anak millenial sebanyak 55,6 persen, 28 persen di antaranya kalangan pelajar dan mahasiswa. Dengan kegiatan ini, diharapkan mampu mengajak kelompok millenial untuk menerapkan model berkendara yang aman. 

“Ada lebih seribu korban jiwa, ada 372 korbannya usia produktif yang meninggal dunia. Menjadi kekhawatiran kita semua keberlangsungan dan potensi kepemimpinan anak millenial dari bonus demografi kita, akibat tingginya korban Lakalantas dari anak millenial,” ujar Hamidin. 

2. Wagub Sulsel ajak generasi millenial ikut menjaga persatuan

Polda Sulsel Gelar Millenial Safety Road Festival di Pantai LosariIDN Times/Abdurrahman

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam pidatonya menyebutkan ada banyak nilai-nilai budaya Sulsel yang mengajarkan tentang persatuan, seperti prinsip Sipakatau dan Sipakalebbi, yang bermakna saling menghormati dan saling menghargai. Selain itu juga Andi Sudirman, menekankan pentingnya anak-anak muda millenial untuk mempersiapkan diri untuk meneruskan kepemimpinan generasi sebelumnya.

“Anak muda harus terdepan menjaga persatuan, guna mewujudkan kedamaian, tidak membuat kerusuhan dan keresahan di tengah masyarakat, dan mendukung pemerintah menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat,” pungkas Wagub yang masih berusia 35 tahun ini.

3. Kegiatan kampanye MSRF ini sempat tertunda karena bersamaan Pemilu 2019

Baca Juga: Polda Sulsel Tangkap Penyebar Isu Huru-Hara 22 Mei

Polda Sulsel Gelar Millenial Safety Road Festival di Pantai LosariIDN Times/Abdurrahman

Deklarasi MSRF 2019 ini sebelumnya dicanangkan Presiden Joko Widodo di Palembang, 9 Maret lalu. Kegiatan yang digagas Korlantas Polri ini ikut dilaksanakan di seluruh propinsi dan kabupaten/kota, yang bertindak sebagai pelaksana adalah Polda dan Polres setempat.

Rencananya, puncak kegiatan MSRF di Sulsel digelar pada 23 Maret lalu, hanya saja waktunya bertepatan dengan masa tenang usai kampanye Pilpres dan Pileg 2019 lalu. Selain Polda Sulsel, ada beberapa Polda lain yang baru menggelar kampanye MSRF di daerahnya, seperti Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Banten, Polda Jawa Tengah, dan Polda Kalimantan Utara. 

Sebelumnya, pelaksanaan SMRF telah digelar di 24 kabupaten/kota di Sulsel, yang digelar Polres setempat.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya