YOSS Tolak Serahkan Stadion Andi Mattalatta ke Pemprov Sulsel

Kasawan GOR dikelola sejak tahun 1985

Makassar, IDN Times - Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) bersikukuh untuk mempertahankan pengelolaan kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Andi Mattalatta, termasuk Stadion Andi Mattalatta, markas klub sepak bola PSM Makassar. Kawasan yang dulu bernama GOR Mattoanging sudah mereka kelola lebih dari 30 tahun terakhir.

Ketua YOSS Andi Karim Beso menolak pernyataan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah soal penguasaan kompleks GOR Andi Mattalatta. Beberapa waktu lalu, Nurdin menyatakan telah meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk memutus izin YOSS dalam pengelolaan.

"Sudah tiga gubernur kita mengajukan bagaimana pemeliharaan aset ini yang tentu butuh bantuan dana APBD, tapi selama ini tidak pernah direalisasikan. Sampai masuk pemerintahan baru ini, seakan-akan dengan sepihak mau mengambil alih," kata Karim kepada wartawan di Makassar, Rabu (4/9).

Baca Juga: Gubernur Tegaskan Kandang PSM Makassar Milik Pemprov 

1. YOSS siap jika kompleks GOR dikelola bersama

YOSS Tolak Serahkan Stadion Andi Mattalatta ke Pemprov SulselIDN Times/Aan Pranata

Karim menyatakan pihaknya tidak pernah ngotot untuk memiliki kompleks GOR Andi Mattalatta. YOSS hanya ingin tetap mengelola sarana dan prasarana di kawasan tersebut untuk pengembangan olahraga. Terlebih, sejak mulai mengelola pada tahun 1985, Pemprov dinilai tidak pernah ikut andil dalam pemeliharaan.

Persoalan GOR Andi Mattalatta sebelumnya sudah pernah dibahas di DPRD Sulsel. Saat itu, direkomendasikan YOSS dan Pemprov mengelola aset tersebut secara bersama-sama. YOSS sepakat asalkan mereka ikut dilibatkan dalam penyusunan draf kesepakatan.

"Tergantung apa keinginan Pemprov, sepanjang tidak merugikan kita. Kalau cuma mau mengambil begitu saja, ya tidak bisa," ucap Karim.

2. Pengelolaan berdasarkan berita serah terima tahun 1985

YOSS Tolak Serahkan Stadion Andi Mattalatta ke Pemprov SulselIDN Times/Aan Pranata

Kepada wartawan, Karim memperlihatkan salinan dokumen pengelolaan kompleks GOR Andi Mattalatta. Dokumen berupa berita acara serah terima Gedung Olahraga Mattoanging dari KONI Sulsel kepada YOSS tertanggal 3 Januari 1985.

Dalam salinan tersebut tercantum pernyataan bahwa Wakil Ketua KONI Sulsel Brigjen TNI Purn HM Arsyad B menyerahkan pengelolaan sarana olahraga kepada Mayjen TNI Purn Andi Mattalatta selaku Ketua Dewan Pendiri YOSS. Ikut bertanda tangan sebagai saksi, Gubernur Sulsel Andi Amiruddin.

"Ini jangan dilupakan, ini stadion bukan hanya untuk sepak bola. Ada atletik, angkat besi, ada sofbol dulu, sepak takraw, segala macam," Karim menyebutkan.

3. YOSS siapkan perlawanan hukum

YOSS Tolak Serahkan Stadion Andi Mattalatta ke Pemprov SulselDok.IDN Times/Istimewa

Kuasa hukum YOSS Hasan mengingatkan kepada Pemprov Sulsel agar berhenti mempermasalahkan pengelolaan GOR dan Stadion Andi Mattalatta. Pihaknya menyiapkan perlawanan hukum jika Pemprov maupun Gubernur memaksakan diri untuk mengambil alih.

"Kita akan uji di pengadilan keabsahan sertifikat yang dimiliki Pemprov Sulsel. Tidak semudah itu Pemprov mau merampas Mattoanging, kecuali sudah ada putusan hukum tetap dari pengadilan,” katanya.

Baca Juga: [FOTO] Ketika Mattoanging Sesak oleh Kabar Pahit di Minggu Sore

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya