Sempat Tertunda, Ina Kartika Diumumkan jadi Ketua DPRD Sulsel

Pelantikan dijadwalkan 22 Oktober 2019

Makassar, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan, Jumat (11/10) menggelar sidang paripurna pengumuman pimpinan definitif. Dalam sidang dibacakan surat keputusan Partai Golkar yang menunjuk Andi Ina Kartika Sari sebagai ketua DPRD periode 2019-2024.

Ini merupakan sidang paripurna kedua tentang pengumuman pimpinan definitif. Pada Rabu (9/10), diumumkan empat wakil ketua DPRD Sulsel yang masing-masing berasal dari Fraksi NasDem, Gerindra, Demokrat, dan PKS. Pimpinan DPRD definitif rencananya dilantik pada 22 Oktober 2019.

"Menetapkan dan mengesahkan Andi Ina Kartika sebagai Ketua DPRD Sulsel. Untuk selanjutnya diusulkan penetapannya ke Kemendagri melalui Gubernur," kata Wakil Ketua DPRD sementara Syaharuddin Alrif dalam sidang.

Baca Juga: Sejarah Baru, Ketua DPRD Sulsel Dijabat Perempuan

1. Golkar tunjuk Ina setelah proses panjang

Sempat Tertunda, Ina Kartika Diumumkan jadi Ketua DPRD SulselIDN Times/Aan Pranata

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah I Partai Golkar Sulsel Abdillah Natsir mengatakan, Andi Ina Kartika ditetapkan sebagai ketua DPRD, berdasarkan keputusan pengurus pusat atau DPP. SK penetapannya diteken 4 Oktober 2019, setelah melalui proses seleksi dan pertimbangan panjang.

Pengumuman Ina sebagai ketua DPRD sempat tertunda karena Golkar terlambat menyerahkan SK penunjukan. Menurut Abdillah, tidak ada yang terlambat sebab Golkar mesti tertib proses administrasi. SK diterbitkan setelah melalui paraf banyak pengurus di DPP.

"Butuh banyak paraf. Ada lima tim seleksi, setelah itu ke sekjen baru ketua umum. Jadi prosesnya normatif saja di Golkar, bukan terlambat," ucap Abdillah.

2. Ina menyatakan lega setelah pengumuman

Sempat Tertunda, Ina Kartika Diumumkan jadi Ketua DPRD SulselIDN Times/Aan Pranata

Andi Ina Kartika yang saat ini menjabat ketua DPRD sementara, menyatakan lega dengan pengumuman pimpinan definitif tersebut. Dia menyatakan adanya kepastian sekaligus mengakhiri polemik dan isu. Sebab sebelumnya diisukan Golkar bakal menunjuk legislator lain sebagai ketua DPRD Sulsel.

Ina Kartika berterima kasih kepada pengurus dan pimpinan Golkar yang telah memercayainya. "Syukur, karena apa yang jadi pertanyaan terkait polemik soal pimpinan sudah terjawab. Inilah pilihan partai, ke depan kita harus bekerja sama kerjakan tugas kedewanan," kata Ina.

3. Pelantikan pimpinan DPRD tunggu pengesahan Mendagri

Sempat Tertunda, Ina Kartika Diumumkan jadi Ketua DPRD SulselIDN Times/Aan Pranata

Dengan penunjukan Andi Ina sebagai ketua, lengkap sudah unsur pimpinan DPRD Sulsel. Sebelumnya sudah lebih ditetapkan empat wakil ketua, yakni Syaharuddin Alrif dari Fraksi NasDem, Darmawangsyah Muin asal Gerindra, Ni'matullah dari Demokrat, dan Muzayyin Arif asal PKS.

Berdasarkan usulan dari lima fraksi peraih kursi terbanyak, Sekretariat DPRD Sulsel bakal mengirimkan daftar nama calon pimpinan definitif kepada Menteri Dalam Negeri. Daftar nama dikirim lewat Gubernur Sulsel, untuk dibuatkan SK penetapan oleh Mendagri.

"Pelantikan dijadwalkan pelantikan pimpinan DPRD pada 22 Oktober. Pekerjaan selanjutnya adalah penyusunan tata tertib lalu pansus yang lain, dan penyusunan APBD," kata Syahar.

Baca Juga: Belum Ada SK, DPRD Sulsel Tunda Umumkan Calon Ketua Definitif

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya